Kamis, 29 April 2021

TKW Hongkong 'Tektekan' Beli Kapal Selam, Terkumpul Rp 800 Juta

    Kamis, April 29, 2021  



PATIMPUS.COM - Tenaga Kerja Wanita (TKW) hingga pengusaha tambang di Tapanuli Utara 'tektekan' mengumpulkan uang untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali.


Penggalangan dana ini dilakukan oleh Pengurus Maajid Jogokariyan, Yogyakarta, yang membuka donasi membeli kapal selam baru.


Sejak donasi dibuka, antusias masyarakat sangat tinggi. Dalam dua hari, Masjid Jogokariyan berhasil menhumpulkan dana patungan tersebut sebesar Rp 800 juta.


Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Ustadz Muhammad Jazir mengatakan para donatur itu berasal dari berbagai daerah termasuk tenaga kerja wanita (TKW) yang ada di Hongkong.


"Ada dari Hongkong, TKW dari Hongkong ada nelepon mau menyerahkan dolar. Dari Papua, Maluku, Tidore," ujar Jazir dihubungi, Rabu (28/4/2021).


Jumlah donasi pun bervariatif, ada orang yang Rp 50 ribu juga. Memang donasi ini relatif kecil tetapi jumlah orang yang ikut donasi sangat banyak.


"Donasi dari mana saja. Kecil-kecil ada Rp 50 ribu ada tapi banyak orangnya," katanya.




Jazir menceritakan ada pula pengusaha tambang emas di Tapanuli Utara menyumbang 1 persen dari tambang emasnya.


"Saya bilang kalau angkanya besar silakan sumbangkan sendiri, tapi kalau mau titip Jogokariyan tidak apa-apa," katanya.


Pihak masjid juga tengah mengajukan perizinan ke Kementerian Sosial hingga OJK. Termasuk pula dengan mengandeng akuntan publik untuk transparansi donasi.


"Tadi pagi kita sudah mulai urus perizinan ke Kementerian Sosial. Kita juga melibatkan OJK untuk pengawasan dan juga kita mau minta bantuan auditor," ujar Jazir dihubungi, Rabu (28/4/2021).


Jazir menegaskan bahwa donasi ini 100 persen untuk kapal selam. Untuk operasional tidak diambilkan dari donasi melainkan dari kas masjid.


"100 persen sumbangan masyarakat untuk kapal selam. Ini perlu diawasi maka kami minta OJK dan Kemensos juga akuntan," ujarnya.


"Kita tidak ingin pengumpulan dana dengan niat yang suci ini nanti tercemar. Kita lakukan se-transparan mungkin sebersih mungkin. Ini bukan proyek kita benar-benar ibadah lakukan secermat dan sebaik mungkin," katanya. 

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.