Minggu, 31 Oktober 2021

Maulid di Masjid Ubudiyah Pelita I, Jadikan Nabi Muhammad Suri Tauladan

    Minggu, Oktober 31, 2021  


PATIMPUS.COM - Nabi Muhammad SAW yang diutus Allah SWT bagi umat manusia hendaklah dijadikan suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Al Ustadz Drs KH Samin Pane MA dalam tausyiyahnya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M, Sabtu (30/10/2021) di Mesjid Jamik Ubudiyah Jln.Pelita 1 Kelurahan Sidorame Barat II Kec.Medan Perjuangan.

Al Ustadz yang juga dikenal dengan sebutan Ustadz Sampan itu menyampaikan sabda Rasulullah yang mengatakan, tidaklah aku diutus kecuali untuk memperbaiki akhlak.

"Peringatan ini hanya sarana mengulang kaji biar kita dapat ilmu. Nabi Muhammad mengatakan, orang yang mulia itu adalah orang yang tidak sempat bertemu denganku tapi dia sangat mencintaiku dan merindukanku dan mereka mendapat safaatku," ujar Al Ustadz.

Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW itu mengambil tema "Mari kita tingkatkan Akhlakul Karimah dan Cinta kepada Rasulullah SAW".

"Akhlakul karimah itu adalah kejujuran. Makanya rasul digelar al amin (yang dipercaya/jujur). Kalau jado orang jujur itu nikmat. Beruntunglah orang yang sibuk mencari kekurangan diri sendiri dan tidak sempat mengingat kekurangan orang lain," ujar Samin Pane.

Dalam tausyiyahnya, Ustadz Samin Pane juga menyampaikan, Rasul mencintai ibadah. Ibadah harus dikerjakan dengan Ikhlas.

"Orang yang cinta itu (cinta kepada Nabi Muhammad), akan mengikuti apa yg dikerjakan yang dicintainya. Semua ini hanya titipan. Sebaik baik manusia yang bermanfaat bagi manusia," tuturnya.

Sementara ketua panitia Drs Syahdin Setia Budi Pane  menyampaikan, dua agenda yang dilaksanakan hari ini yaitu melaksanakan sholat tasbih dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Juga pemberian santunan, minyak makan dan sabun kepada anak yatim piatu dan yang tidak mampu," katanya.

Syahdin Setia Budi Pane yang juga Camat kecamatan Patumbak menyampaikan, santunan yang diberikan merupakan stimulan ketika kita hidup. "Mari kita sayangi anak yatim, dan juga  berakhlakul karimah," imbaunya.

Ketua BKM Jamik Ubudiyah A. Rahman Siregar mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dan berharap agar kita semua mengingat dan mengikuti apa yang dikerjakan Nabi Muhammad.

Mewakili pemerintahan setempat dari Kelurahan Sidorame Barat II Zulfansyah Harahap berharap kegiatan berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan.

Juga berharap agar tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua BKM dan masyarakat bersinergi membangun Kota Medan untuk menjadikan Medan lebih maju, kondusif, bermartabat, nyaman, rapi dan indah.


Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan ayat ayat suci Al Quran dan sari tilawah serta Marhaban oleh ibu ibu pengajian mesjid jamik Ubudiyah, dihadiri dari perwakilan BKM di Kecamatan Medan Perjuangan dan lainnya dengan menerapkan prokol kesehatan. (*)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.