Jumat, 12 November 2021

Dinkes Sumut Janji Masyarakat Dapat Pelayanan Kesehatan Merata

    Jumat, November 12, 2021  


PATIMPUS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Kadinkes Sumut), dr Ismail Lubis MM menargetkan masyarakat di Sumut akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan merata. 


"Agar masyarakat Sumut mendapatkan pelayanan dan akses kesehatan yang baik dan merata kita  memberikan jaminan kesehatan seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan)  dan sekarang persentase masyarakat Sumut   sudah mencapai hampir 70 persen tercover dana BPJS yang dicover oleh pembiayaan provinsi dan kabupaten kota," katanya Jumat (12/11/2021) saat peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 yang berlangsung di Hotel Rodison Jalan Adam Malik Medan.


Dikesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa HKN merupakan penggerakan pemberdayaan masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Disamping itu dalam situasi pendemi Covid-19 pihaknya terus memotivasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan sebagainya. 


"Kalau dalam rangka penanganan Covid-19  saya ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen kesehatan, elemen masyarakat yang sudah berperan aktif dalam menghadapi memutus mata rantai COVID-19 yaitu dengan bervaksinasi dan menerapkan 3M," paparnya.


Sejauh ini sebutnya kondisi Covid-19 menurun, angka konfirmasi menurun, kesembuhan meningkat, BOR rumah sakit juga menurun dan capaian vaksinasi di Sumut hingga November katanya sudah 52 persen untuk  dosis pertama dan  sudah 33 persen untuk dosis kedua. 


"Jika tersedia vaksin ditengah antusiasnya masyarakat dan petugas kesehatan untuk melakukan gerakan pengabdian ini kita tergerkan kita bisa mencapai sesuai target nasional," ujarnya lagi.


Sementara ketersediaan stok vaksin Kadis mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan beserta Gubernur Sumut, bahwa vaksin sedang dalam perjalanan untuk mencapai dosis 50 persen di bulan November.


Untuk masing-masing kabupaten kota itu kita membutuhkan 3 juta 192 ribu dosis dan stok saat ini ada 400 ribu yang juga akan segera diambil oleh kabupaten kota. 


Ketua Panitia HKN ke 57, dr Nelly Fitriani, Mkes yang juga didampingi Hery Valona Ambarita penanggungjawab kegiatan menyatakan rangkaian kegiatan HKN ini sudah dimulai pada 5 November 2021 lalu.


"Mulai tanggal 5 November 2021, di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ada kegiatan Germas. Tanggal 7 kemarin ada di Astaka Pancing juga ada kegiatan rangakaian HKN ada vaksinasi 1000 orang, PCR dan bekerja sama dengan mitra kesehatan seperti organisasi profesi," paparnya.


Pada hari ini pihaknya melakukan upacara nasional HKN ke 57, tanggal 15 November mendatang ada pelayanan kesehatan bergerak untuk mencapai masyarakat yang daerah 3T. HKN ini dihadiri Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi diwakilkan  staf ahli Setda Provsu dan hadir Ketua penggerak PKK Provsu, Nawal Lubis. (*)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.