Kamis, 24 Maret 2022

BPJS Kesehatan Hadirkan PANDAWA Untuk Cegah Calo

    Kamis, Maret 24, 2022  


PATIMPUS.COM - Demi meningkatkan layanan dan kepuasan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan melakukan terobosan dan inovasi baru, salah satunya adalah menghadirkan PANDAWA.

"Jika Masyarakat ingin mengurus administrasi JKN-KIS, daripada datang ke kantor BPJS Kesehatan, apalagi di saat pandemi saat ini, alangkah lebih baik pakai PANDAWA saja! Dan pastinya terhindar dari Calo," sebut Kepala Cabang BPJS Kesehatan Medan, Sari Quratul Ainy, Kamis (24/3/202) kepada wartawan.

Sari mengatakan, PANDAWA merupakan singkatan dari Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp. Dengan PANDAWA peserta akan terhubung dengan admin yang ada di Kantor Cabang dan peserta dapat mengurus administrasi JKN-KIS hanya dengan chat melalui WhatsApp. 

Melalui PANDAWA, peserta bisa mendapatkan berbagai pelayanan yang biasanya didapat di Kantor Cabang seperti Daftar Baru, Tambah Anggota Keluarga, Daftar Bayi Baru Lahir, Ubah Jenis Kepesertaan, Ubah Data Identitas, Ubah Data Golongan & Gaji, Ubah Faskes Tingkat Pertama (FKTP), Penonaktifan Peserta Meninggal, Perbaikan Data Ganda, Pengaktifan Kembali Kartu

"PANDAWA ini beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 waktu setempat," ujarnya.

Untuk Kantor Cabang Medan pada Tahun 2021 sudah melayani peserta melalui P sebanyak 61.185 peserta, sedangkan pada Tahun 2022 bulan Januari sebanyak 9.162 peserta dan Februari sebanyak 7.055 peserta.

"Setiap hari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan membuat pengumuman melalui pengeras suara agar masyarakat menghindari calo dan melakukan pengurusan langsung ke kantor BPJS Kesehatan, atau dengan menggunakan PANDAWA. Masyarakat harus lebih berhati-hati dan tidak tertarik dengan tawaran kemudahan pendaftaran dari oknum yang tidak bertanggung jawab," himbau Sari.

Sari menambahkan, sistem pendaftaran dan pembayaran JKN-KIS sangat mudah, sehingga tidak diperlukan pengurusan melalui perantara (Calo), masyarakat tidak harus ke kantor BPJS Kesehatan, masyarakat bahkan bisa mendaftar melalui PANDAWA. Begitu juga dengan pembayaran, peserta bisa melakukan pembayaran di bank, ATM. Selain itu pembayaran iuran juga dapat dilakukan di mini market dan kantor pos terdekat,

Sementara H Elvi, seorang peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) asal Medan mengaku dirinya sangat terbantu sekali dengan layanan PANDAWA ini, karena hanya cukup mengakses Whatsapp untuk mendapatkan layanan di BPJS Kesehatan. 

"Saya gak perlu nunggu lama lalu ada petugas yang membalas untuk memberikan jawaban. Urusan ku jadi beres tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Harapan ku BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS,” ucapnya. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.