Sabtu, 23 April 2022

Kejahatan Meningkat, Poldasu Diminta Evaluasi Kapolres Pelabuhan Belawan

    Sabtu, April 23, 2022  


PATIMPUS.COM - Maraknya aksi kejahatan di wilayah Medan Utara (Belawan dan sekitarnya) beberapa hari ini, dinilai sebagai kegagalan dari Kapolres Pelabuhan Belawan dalam menjaga dan menciptakan keamanan bagi masyarakat.


"Kapolres Pelabuhan Belawan harus bertanggangujawab. Masyarakat telah dibuat resah dengan berbagai aksi kriminalitas yang terjadi di daerah Belawan dan sekitarnya," ungkap Ketua LBH Gelora Surya Keadilan, Surya Adinata SH MKn kepada awak media, Sabtu (23/04) di Medan.


Menurut mantan Direktur LBH Medan ini, Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak harus mengevaluasi jabatan Kapolres Pelabuhan Belawan, karena dinilai gagal menciptakan kamtibmas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.


Bukan rahasia awam lagi bahwa wilayah Belawan dan sekitarnya kerap terjadi kriminalitas. "Mulai dari perjudian, peredaran narkoba dan berbagai aksi kejahatan yang cukup merugikan dan meresahkan masyarakat yang tinggal di Belawan dan sekitarnya," ungkap Sekretaris Taruna Merah Putih Sumut ini.


Sangat disayangkan, baru-baru ini terjadi aksi kejahatan hingga merenggut nyawa manusia. "Baru-baru ini viral kemunculan pelaku begal dan geng motor yang semakin menjadi-jadi di wilayah Belawan dan sekitarnya. Hingga merenggut nyawa seseorang akibat keberingasan pelakunya. Ini tidak dapat ditolerir. Aparat harus bertindak menciptakan kekondusifan dan kamtibmas bagi masyarakat," cetus Surya.


Surya menyebutkan, jika Polres Pelabuhan Belawan sigap melakukan preventif (pencegahan), maka tidak akan ada jatuh korban jiwa. "Jangan sampai ada lagi korban-korban lain dari keberingasan geng motor atau begal di wilayah Belawan dan sekitarnya," harap pria berkacamata ini.


Surya meminta Kapolda Sumut untuk mengevaluasi jabatan Kapolres Pelabuhan Belawan. "Bila perlu copot jabatan Kapolres Pelabuhan Belawan yang saat ini dipegang AKBP Faisal Rahmat. Kapolda harus meletakan sosok pimpinan Polri yang mengayomi masyarakat dan cekatan dalam melakukan preventif serta menciptakan kamtibmas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan," sebutnya.


Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Panca Putra meminta anggotanya melakukan patroli rutin di kawasan Polres Pelabuhan Belawan.


"Menghadapi kerawanan kegiatan rutin (patroli) akan ditingkatkan,” katanya dikutip dari salah media online.


Panca mengatakan, kegiatan patroli tersebut akan terus digalakkan terlebih jelang hari raya Idul Fitri 1443 H. (don)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.