Jumat, 17 Juni 2022

Kapus dan Camat Teluk Mengkudu Sosialisasi Pencegahan Malaria dan DBD

    Jumat, Juni 17, 2022  


PATIMPUS.COM - Dalam rangka mencegah dan mengurangi angka penyebaran penyakit malaria di Desa Sialang Buah Teluk Mengkudu, petugas kesehatan Puskesmas Sialang Buah di Dampingi ibu Kepala Puskesmas Sialang buah dan Ibu Camat Kecamatan Teluk Mengkudu  melakukan sosialisasi pencegahan malaria dan DBD secara door to door ke rumah rumah warga Sialang Buah.

Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai melalui Kepala UPT Puskesmas Teluk Mengkudu, dr Sri Eva Purba, Jumat (17/6/2022), mengatakan berbagai upaya sudah dilakukan untuk pencegahan dan pengobatan malaria, diantaranya adalah bekerja sama dengan aparat desa setempat melakukan penyemprotan lingkungan tempat tinggal dengan insektisida, dan pengobatan gratis.

Dikesempatan ini petugas kesehatan juga melakukan sosialisasi kepada warga mengenai cara mengenali gejala awal, dan pencegahan malaria. 

pada kegiatan sosialisasi tersebut, dr. Eva menyampaikan Masyarakat diharapkan menjaga kebersihan dengan pola 3 M, antara lain: 

1) Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 

2) Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, dan lain sebagainya

3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk DBD dan Malaria.

"Semoga sosialisasi kesehatan ini dapat membantu menghentikan penyebaran DBD dan Malaria dan seluruh warga Desa Sialang Buah  dalam keadaan sehat selalu," ucap dr Eva.

Pada hari ini juga program pengobatan gratis Puskesmas Sialang Buah dan Sosialisasi Penyakit DBD dan Malaria dilaksanakan di Kantor Desa Sialang Buah. Ini merupakan salah satu program dari puskesmas Sialang Buah. Program ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang sakit dan yang tidak bisa datang ke puskesmas Sialang Buah untuk berobat. (sar)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.