Selasa, 09 Agustus 2022

Kolaborasi RS Pirngadi dan Forwakes Bangkitkan Kepercayaan Pasien

    Selasa, Agustus 09, 2022  


SUDAH lebih satu pekan ibu Elly, dirawat di ruang Melati lantai 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan, karena penyakit diabetes yang dideritanya.

Ibu berusia 60 tahun ini sebelumnya terbaring lemah tak berdaya di rumahnya Jalan GB Josua, Kecamatan Medan Timur. Dia terpaksa membiarkan sakitnya karena ketiadaan biaya untuk berobat.

Gula darahnya yang semakin tinggi membuat tubuhnya lumpuh, matanya kabur dan kakinya menghitam. Ada luka bernanah di kakinya. Hari-harinya, ibu yang tinggal sendirian ini mendapat makanan dari para tetangga. Sesekali keponakannya datang untuk melihat kondisinya.

"Sakit gula saya sudah lama. Saya tidak bisa apa-apa lagi. Saya dibawa Kepling dan Lurah ke RS Pirngadi ini. Mereka melayani saya dengan baik. Terima kasih Pak Bobby, Walikota Medan, yang menggratiskan biaya perobatan saya di Pirngadi ini," ucap Bu Elly terbata-bata.

Bagi Bu Elly, dengan adanya program Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM, yang menggratiskan biaya perawatan dan pengobatan bagi warga kurang mampu yang tidak tercover BPJS Kesehatan, dirinya merasa bersyukur telah terbantukan.

Terlebih RSUD dr Pirngadi Medan yang kini berusia 94 tahun semakin meningkatkan pelayanannya sesuai motto : Memberikan Pelayanan Kesehatan yang Profesional dengan Sepenuh Hati.

Upaya mempromosikan RSUD dr Pirngadi Medan kepada masyarakat juga berkat kolaborasi dengan Forum Wartawan Kesehatan (FORWAKES) Sumatera Utara, yang terus menerus menyiarkan informasi yang positif tentang rumah sakit milik Pemerintah Kota Medan, yang lahir pada 11 Agustus 1928 ini.

Pengurus Forwakes Sumut yang diketuai Mahbubah Lubis dan didampingi Doni, selaku Sekretaris terdiri dari wartawan berbagai media, baik cetak, online maupun elektronik, yang bertugas melakukan liputan di bagian kesehatan. 

"Saya mengapresiasi keberadaan Forwakes Sumut, yang membantu RSUD dr Pirngadi Medan dalam menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat. Semoga kolaborasi ini terus ditingkatkan, agar kepercayaan pasien semakin meningkat,* sebut Direktur RSUD dr Pirngadi Medan, dr Syamsul Arifin Nasution SpOG pada sebuah kesempatan pertemuan dengan Pengurus Forwakes Sumut.

Syamsul Arifin berharap dengan adanya Forwakes yang membantu memberikan informasi positif tentang RSUD dr Pirngadi Medan, maka warga Kota Medan tidak merasa ragu lagi untuk berobat di rumah sakit ini. Terlebih semua peralatan medis sudah ada dan pelayanannya sudah baik sehingga pasien menjadi nyaman.

"Semua dokter disini adalah dokter spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya masing-masing," imbuh Syamsul Arifin yang resmi dilantik Walikota Medan, Bobby Nasution pada Jumat, 12 Desember 2021, menggantikan dr Suryadi Panjaitan.

Medan Medical Tourism

Direktur RSUD Pirngadi Medan dr Syamsul Arifin Nasution SpOG, juga menambahkan RSUD dr Pirngadi Medan siap menjadi salah satu RS penyelenggara program Medan Medical Tourism (MMT) seperti yang digagas oleh Walikota Medan Muhammad Bobby Nasution.

Untuk mendukung gagasan itu pihaknya menyiapkan dua layanan kesehatan unggulan, yakni Klinik Spesialis THT dan Klinik Dokter Gigi Spesialis.

"Kita siap mengikuti Medan Medical Tourism dengan 2 program unggulan kita yaitu Klinik Spesialis THT dan Klinik Dokter Gigi Spesialis yang berbeda dengan RS lainnya, sekarang sedang dipersiapkan oleh tim MMT dan rencana Minggu ini akan ditinjau dari Kemenkes, Dinas Pariwisata, PERSI, Dinkes Kota Medan," kata Syamsul, Selasa (14/6).

Dipaparkannya, Klinik Dokter Gigi Spesialis RSUD Pirngadi Medan memiliki sejumlah keunggulan. Di antaranya Dental Emergency, yakni Acute Dental Pain, Fracture Dental Dan Dento-Alveolar, Immediate Denture dan Luksasi Condyle Mandibula, serta Esthetic Dentistry Bleaching Gigi (pemutihan gigi).

"Sedangkan keunggulan Klinik Spesialis THT RS Pirngadi yakni penanganan Rinitis Alergica Telinga Berdenging, Vertigo," katanya.

Oleh sebab itu, peran Forwakes Sumut sangat dibutuhkan demi terlaksananya program Medan Medical Tourism sehingga pasien dari luar negeri mau berobat ke RSUD dr Pirngadi Medan.

"Medan Medical tourism ini adalah program kita dan harus kita dukung semuanya," tutupnya. (*)


Penulis : DONI.

Tulisan ini untuk diikutkan dalam lomba tulisan HUT RSUD dr Pirngadi Medan ke 94.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.