Rabu, 24 Agustus 2022

Nasabah Pegadaian Diminta Waspadai Penipuan Lelang Emas Online

    Rabu, Agustus 24, 2022  


PATIMPUS.COM - Maraknya aksi penipuan lelang emas secara online, PT Pegadaian secara tegas menyatakan tidak pernah melakukan lelang emas melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Telegram maupun akun lainnya. 

"Dihimbau bagi nasabah setia Pegadaian untuk tetap waspada terhadap penipuan lelang emas online melalui media sosial. Itu adalah aksi penipuan. Jangan mau tertipu dengan para pelaku yang mengatasnamakan Pegadaian," sebut Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil I Medan, Arief Rinardi Sunardi kepada awak media, menanggapi masih maraknya penipuan lelang emas online, Rabu (24/8).

Disela kegiatan Sunatan Massal bertajuk 'Mengetuk Pintu Langit, 1188 Senyuman Manis' yang berlangsung di Kantor Wilayah 1 Medan Jalan Pegadaian no. 112, Arief Rinardi Sunardi mengaku, telah menerima laporan dari Kabag Humas & Protokoler, adanya aksi penipuan lelang emas online melalui akun Telegram dengan sasaran masyarakat umum dan nasabah Pegadaian.

"Melalui media, kami menegaskan kembali bahwa Pegadaian tidak pernah ada melakukan lelang online. Jika menerima tawaran lelang emas online dengan harga murah, jangan dipercaya informasi itu. Silahkan konfirmasi terlebih dahulu ke petugas kami," beber Arief Rinardi Sunardi.

Arief Rinardi Sunardi menyatakan, jika Pegadaian melakukan lelang emas, maka akan dilakukan secara terbuka bagi masyarakat melalui kantor cabang maupun kantor unit Pegadaian. 

Agar diketahui oleh masyarakat, lanjut Arief Rinardi Sunardi, bahwa emas lelangan tersebut merupakan barang jaminan berupa emas milik nasabah yang digadaikan kepada Pegadaian. Namun, nasabah tersebut tidak membayar kewajibannya sesuai waktu yang telah ditetapkan atau jatuh tempo.

"Sebelum dilakukan lelang emas, nasabah yang gagal bayar tersebut dikasih peringatan sampai tiga kali melalui pesan singkat (SMS), maupun dikirim surat ke rumah nasabah. Jika tidak ada tanggapan dari nasabah, maka Pegadaian baru melakukan lelang barang jaminan emas," jelasnya.

Arief Rinardi Sunardi menginformasikan bahwa, dalam waktu dekat ini Pegadaian Medan melalui Kantor Cabang Pegadaian Gaharu akan melakukan Festival Emas Pegadaian, berupa bazar emas dan cuci emas gratis.

"Bagi masyarakat yang ingin membeli emas lelangan, silahkan datang langsung ke Kantor Cabang Pegadaian Gaharu yang beralamat di  Jalan Tusam no. 4 Medan. Festival Emas Pegadaian berlangsung mulai dari tanggal 1 s.d. 4 September 2022 dimana juga ada rangkaian kegiatan seperti Booth Kuliner; Fashion Show Anak; Lomba Dai Cilik dan Lomba Hafalan Surah Pendek" ucap Arief Rinardi Sunardi. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.