Kamis, 13 Oktober 2022

Kompensasi PT SJMS Macat, Warga Berencana Tutup Parit Pembuangan Limbah

    Kamis, Oktober 13, 2022  


PATIMPUS.COM - Warga pemilik lahan berencana akan menutup parit yang selama ini diduga tempat pembuangan limbah pabrik PT SJMS, di Lingkungan I Bukit Tangga, Kelurahan Bukit Kubu, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Menurut warga bernama Fiyanti (45) didampingi Azizah (51) dan warga lainnya, mengatakan rencana penutupan parit itu buntut berhentinya kontribusi dari perusahaan berupa beras 15 Kg perbulan dan uang Rp 100 ribu pertahun, sebagai kompensasi perusahaan atas pembuangan limbahnya ke parit warga.

"Kami sudah tidak lagi menerima kontribusi dari perusahaan," sebut warga, kepada wartawan, Kamis 13/10/2022).

Menurutnya, kompensasi dari PT SJMS kepada warga sudah disepakati pada Mei 2016 lalu, namun sejak beberapa bulan ini, kompensasi tersebut tidak mereka peroleh lagi.

"Saya sebagai pemilik tanah, yang di dalamnya terdapat parit persis berada di sebelah pondasi rumah saya. Parit itu akan saya timbun," kata Yanti.

Diungkapkan Yanti, parit mereka sudah bertahun-tahun digunakan untuk membuang limbah pabrik PT SJMS yang mengolah minyak kelapa sawit.

"Selama itu kami menikmati bau busuk limbah pabrik itu yang mengalir ke parit kami," ucap Yanti mengeluh.

Selain Yanti, ada juga Azizah, Nofiani (45), Julifian (37) dan Fiyunarti (41) yang tidak lagi mendapatkan kompensasi dari PT SJMS tersebut. Padahal sebelumnya mereka tercatat sebagai penerima kompensasi dari perusahaan tersebut.

Saat hendak dikonfirmasi, R Sihombing selaku humas PT SJMS tidak berada di kantornya. "Humas baru saja keluar," sebut seorang anggota Satpam.


Sementara Lurah Bukit Kubu, Fitriani SSos, mengatakan, persoalan yang tidak mendapatkan lagi kompensasi itu memang benar.

"Saya dengar warga ada yang merantau, maka dianggap tidak ada di tempat. Kalau pun didaftarkan kembali itu kan urusan perusahaan, tentu ada manajemennya," sebut Lurah Fitriani. (raj)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.