Kamis, 03 November 2022

5 Ribu Peserta Akan Ramaikan HKN di Sumut

    Kamis, November 03, 2022  


PATIMPUS.COM - Sebanyak 5000 peserta akan dilibatkan untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Sumatera Utara (Sumut) pada 12 November 2022 di Lapangan Astaka Pancing.


Ribuan peserta itu merupakan perwakilan dari jajaran Dinas Kesehatan, perwakilan Rumah Sakit (RS) pemerintah maupun RS swasta dan juga perwakilan anak didik sekolah-sekokah kesehatan serta Organisasi Profesi Kesehatan seperti,  PPNI, IAKMI,  IDI dan lainnya.


Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut , drg Ismail Lubis usai menghadiri rapat persiapan HKN ke-58 di salah satu hotel di Medan baru-baru ini menyebutkan bahwa HKN ke-58 tahun ini di Sumut melibatkan banyak komponen. Tujuan moment penting ini harus dapat menggebyarkan masyarakat untuk menolong diri sendiri sehingga menjadi masyarakat yang bermartabat dan memiliki kesehatan yang prima.


"Hari ini kita rapat persiapan HKN ke-58 bersama komponen kesehatan  dan elemen masyarakat untuk bersama bergandeng tangan dalam membentuk kepanitiaan agar semua kesehatan itu bukan hanya milik kita, privat bisnis juga berperan, elemen masyarakat  juga berperan agar HKN tahun ini di Sumut  bisa memberikan dampak promotif yang sangat hebat. Ini juga dapat menjadi daya dorong untuk kita bisa melakukan hidup sehat dan melawan pandemi Covid-19 juga kita terbebas  dari berbagai penyakit salahsatunya penyakit hepatitis akut. Hari ini kita bersama  memanfaatkan moment new normal ini menjadi pelaksanaan HKN yang bisa menggebyarkan untuk kita bisa menolong diri sendiri sehingga terwujud masyarakat Sumut yang bermartabat dengan kesehatan yang prima," tegas Ismail Lubis.


Untuk itu, Kadiskes Sumut Ismail Lubis mengajak semua pihak untuk bersama-sama ikut serta memeriahkan HKN ke-58 tersebut. 


Ketua Panitia HKN ke-58, Teguh Supriyadi, SKM, MPH menyampaikan puncak HKN di Sumut yang akan dihadiri 5000 peserta itu merupakan  bentuk kebersamaan keluarga besar kesehatan  untuk merayakan kegiatan nasional. 


"HKN tahun ini memang berbeda, kalau tahun sebelumnya partisipannya terbatas,  namun tahun ini semua kita libatkan yakni dari Dinkes Sumut, UPT Dinas Kesehatan, RS Pemerintah dan Swasta serta , organisasi profesi kesehatan,  mitra kesehatan, dan juga pendidikan," katanya.


Ia berharap kegiatan dengan tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku" yang  dimulai dengan kegiatan pra HKN, HKN dan pasca HKN ini berjalan dengan lancar. Dimana  kegiatannya terdiri dari pengabdian masyarakat,  pemeriksaan kesehatan dan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan seminar maupun even -even lain. Tidak kalah penting kegiatan ini dilakukan masih disaat pandemi sehingga pada kegiatan itu  juga sebut Teguh harus tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).


Adapun kegiatan pra HKN sebutnya pihaknya melaksanakan kegiatan Gernas Aksi Bergizi, kampanye Germas untuk lansia, lomba olahraga tenis meja, catur,  dan badminton.  Ada juga lomba senam Germas, koreografi senam cuci tangan pakai sabun, fotografi dan juga lomba masak. 


Pada Puncak HKN ada kegiatan senam sehat, sarapan sehat, upacara yang akan dipimpin oleh Gubernur Sumatera Utara, stand pameran atau bazar, pemeriksaan kesehatan gratis, vaksinasi masal, donor darah dan perlombaan pesta rakyat. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.