Sabtu, 05 November 2022

KPU Sergai Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Anggota


PATIMPUS.COM - Komisi Pemilihan Umum Serdang Bedagai (KPU Sergai) melaksanakan sosialisasi penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc disingkat SIAKBA pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Sabtu (5/11/2022), di Woongrame Pantai Cermin.


Untuk memaksimalkan sosialisasi tersebut, KPU Sergai melaksanakan kegiatan sosialisasi dua season. Pertama dilaksanakan Pukul 09.00 - 12.00 WIB untuk netizen asli warga Serdang Bedagai. Season kedua pukul 14.00 - 17.00 WIB untuk penyelenggara pemilihan kepala daerah tahun 2020.


Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Ketua KPU Serdang Bedagai Erdian Wirajaya. KPU Sergai sebagai perpanjangan KPU RI menyampaikan kepada peserta bahwasanya untuk pendaftaran Badan Adhoc pada pemilu 2024 ini tidak secara langsung lagi datang ke KPU Sergai. Tapi akan menggunakan aplikasi  SIAKBA. 


Oleh karena itu sosialisasi ini sangat penting untuk mempermudah calon pendaftar untuk menggunakan aplikasi SIAKBA nantinya. Sebelum mendaftar, coba pastikan dulu apakah kita terdaftar apa tidak di keanggotaan partai politik melalui https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.


Dalam paparannya Komisioner KPU Ardiansyah Hasibuan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM mengatakan, sosialisasi aplikasi SIAKBA itu terkait rekrutmen penyelenggara PPK dan PPS pada Pemilu 2024. 


"Sistem pendaftaran perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilu serentak 2024 dengan sistem online," ujar Ardiansyah. untuk pembuatan akun dan daftar silahkan klik link https://siakba.kpu.go.id/.


Tidak saja untuk PPK dan PPS, bahkan perekrutan bagi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan menggunakan aplikasi SIAKBA.


"Sembari menunggu peraturan PKPU, di harap dalam bulan November 2022 ini aplikasi SIAKBA sudah mulai bisa dibuka, kita sosialisasi dulu sesuai tahapan," katanya.


Lebih lanjut KPU Sergai berharap kepada 120 peserta sosialisasi baik dari Netizen maupun Penyelenggara pemilihan kepala daerah tahun 2020 dapat membantu KPU untuk menyosialisasikan aplikasi SIAKBA tersebut ke tengah masyarakat.


Hadir juga dalam acara pembukaan ini Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya, Komisioner KPU Sergai lainnya Bayu Afriyanto, Fuad Hasan Lubis, Misriani, Sekretaris KPU Sergai Muhammad Arif beserta Kasubag dan Staf KPU Sergai.


Salah satu peserta sosialisasi Parsito asal Kec. Perbaungan mengucapkan terimakasih banyak kepada KPU Sergai yang telah melaksanakan sosialisasi aplikasi yang kami anggap baru ini. Dengan sosialisasi ini kami mengetahui bagai mana buat akun SIAKBA dan mendaftar menjadi Badan adhoc pada pemilu 2024.


Dengan adanya sosialisasi SIAKAB ini semakin mempermudah dan membuka kesempatan yang seluas luasnya bagi seluruh masyarakat Kab. Serdang Bedagai untuk berkesempatan mendaftar menjadi penyelenggara pemilu. Dengan dipermudahnya akses secara Online. Kami akan turut serta mensosialisasikan penggunaan aplikasi ini kepada masyarakat, terutama yang ingin mendaftar menjadi penyelenggara pada Pemilu 2024 ini. (Sarwo)

Share:

Info TNI-Polri

Olahraga

Bencana Alam

Nasional

Kasus Korupsi

Internasional

Ekonomi

Peristiwa

Kriminal

Sekitar Sumut

Kesehatan

PatimpusTV

Dukung Kami

Label

Arsip Blog

Jangan Klik

Info Kuliner

Info Selebritis

Apa Cari?

Religi

Visitor

Artikel

Pendidikan

Politik

Cuci Mata

Jangan Lihat