Minggu, 13 November 2022

Wadah DMI Medan Maimun Dibentuk

    Minggu, November 13, 2022  


PATIMPUS.COM - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Medan menggelar diskusi silaturahmi tentang 'Penguatan Pengelolaan Masjid Mandiri' bersama pengurus kenaziran dan kemakmuran Masjid se Medan Maimun di Masjid Abidin Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun pada Sabtu (12/11/2022).


Turut Hadir pada diskusi tersebut Ketua DMI Kota Medan, Ir H Ahmad Parlindungan Batubara MSi, CamatvKecamatan Medan Maimun Dedy Rustam Alamsyah Nasution SSTP MSP, Sekretaris Camat (Sekcam) Medan Maimun Faisal Tanjung SSTP MSi beserta puluhan ketua dan sekretaris dari pengurus Badan Kenaziran/Kemakmuran Masjid (BKM) dari 26 Masjid se Medan Maimun hadir memenuhi undangan DMI Kota Medan. 


Ketua Pimpinan Daerah DMI Kota Medan, Ir Ahmad Parlindungan Batubara, dalam kesempatan diskusi menyampaikan, popertemuan tersebut dilaksanakan sebagai amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan program kerja DMI Kota Medan. 


Pertemuan, akhir tahun 2022 ini merupakan langkah-langkah kerja konkrit DMI, terutama dalam mewujudkan program “Masjid Mandiri”, yang telah dicanamgkan oleh Pemerintah Kota Medan, yang dipimpin Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM.


"Dalam Pertemuan DMI Kecamatan Medan Maimun akan dilaksanakan pemilihan ketua DMI Kecamatan, penetapan program-program kerja untuk dilaksanakan lima tahun berikutnya," katanya


Menurutnya Ahmad Parlindungan Batubara, untuk mewujudkan masjid mandiri perlunya managemen pengelolaan masjid, mulai dari pengelolaan keuangan, administrasi surat menyurat, AD/ART dan lainnya sehingga nantinya pengurus dan masyarakat dapat memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid.


Sementara itu, untuk mewujudkan Masjid Mandiri di Medan Maimun, Pertemuan DMI di Masjid Abidin Medan, DMI Kota Medan dan seluruh BKM yang hadir sepakat untuk membentuk wadah DMI Medan Maimun.


Dari hasil musyawarah berhasil memilih pimpinan cabang DMI Medan Maimun dengan komposisi sebagai berikut; Hambali Lubis SH, sebagai Ketua, Efrizal Adil Lubis SE, MA, sebagai Wakil Ketua, Dedi Arianto SE, sebagai Sekretaris, H Iskandar Zulganefo, Wakil Sekretaris, Drs. H. Affan Daulay, sebagai Bendahara, Muhammad Yamin, sebagai Wakil Bendahara, dan beberapa ketua-ketua Bidang didalam Pimpinan Cabang DMI Kecamatan Medan Maimun untuk masa kerja 2022-2027.


Efrizal Adil wakil ketua terpilih dalam sambutannya mengatakan, rencana DMI Medan Maimun akan menggelar rapat kerja dalam beberapa minggu kedepan untuk merumuskan dan menjalankan program-program kerja DMI, seperti program pemberdayaan masjid melalui pola idarah, imarah dan ri’ayah, membuat kajian Islam dan dakwah Bil Imarah, kemudian program beasiswa bagi remaja masjid untuk kuliah jenjang S1, pengembangan ekonomi syariah di masjid-masjid. Keseluruhan aktivitas ini terbungkus dalam satu program, yaitu program “Masjid Mandiri”.


“Dalam program kerja DMI Medan Maimun ada hal-hal yang bersifat krusial dan bersifat sensitif. Itu menyakut aspek-aspek kehidupan pengelolaan dan tanah wakaf masjid, mungkin (kondisi) itu akan dibahas untuk dijadikan rekomendasi eksternal," ujar Hambali Lubis, Ketua terpilih DMI Medan Maimun tahun 2022-2027. (son)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.