Rabu, 14 April 2021

Tradisi Sejak 90-An, RMJA Sediakan Buka Puasa Bersama Di Masjid Jami' Aur

    Rabu, April 14, 2021  



PATIMPUS.COM - Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Berbuat kebaikan di bulan ini dapat melipatgandakan pahala setiap muslim yang taat. Banyak cara untuk meraih pahala.

Seperti yang dilakukan oleh Remaja Masjid Jami' Kelurahan Aur (RMJA). Sudah menjadi tradisi bagi para remaja masjid yang terletak di Kampung Aur, Medan ini. Mereka setiap tahun menyediakan penganan buka puasa bersama untuk para jemaah masjid dan masyarakat sekitar yang melaksanakan ibadah puasa.


Awal bulan Ramadhan 1442 H tahun ini jatuh pada tanggal Selasa (13/4/2021). Di aula Madrasah Nurul Huda, para remaja masjid terlihat mempersiapkan fasilitas dan penganan berbuka puasa.


"Semua makanan berbuka puasa ini sumbangan dari masyarakat. Ada yang kami jemput dan ada yang mengantarnya sendiri. Kegiatan ini dipercayakan pihak kenaziran masjid kepada RMJA sejak tahun 90-an dan didukung masyarakat. Sehingga menjadi agenda tahunan," sebut Luthfi, Ketua RMJA kepada Patimpus.com, Selasa (13/4/2021).


Menurut Luthfi, di masa pandemi Covid-19, dalam melaksanakan buka puasa bersama, mereka menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.


"Semuanya cukup senang dengan apa yang kami lakukan. Kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturrahim dengan masyarakat," jelasmya sembari mengatakan kegiatan ini juga didukung dan dibantu oleh PTPN IV.



Terlihat ratusan jemaah masjid, baik anak-anak maupun orang dewasa sangat menikmati santapan berbuka puasa yang disajikan di atas tikar, berupa kue, buah-buahan dan teh manis.


"Kita sebagai masyarakat sangat senang melihat kreatifitas para remaja ini. Salut.." sebut Irawan, jemaah masjid yang ikut berbuka puasa bersama.


Rawan menambahkan, dalam bulan Ramadhan ini, perlu juga para remaja masjid menyajikan satu makanan khusus, sehingga menambah kesan bagi masyarakat.


"Alhamdulillah, kami senang melakukan ini. Ini demi kebaikan dan mencari pahala di bulan Ramadhan dan semuanya gratis untuk masyarakat yang ingin berbuka puasa di sini," ujar Tiara, pengurus RMJA yang mendapat tugas di awal Ramadhan ini. (son).

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.