Kamis, 13 Mei 2021

Usai Shalat Ied, Warga Bersihkan Sisa Lumpur Pasca Banjir

    Kamis, Mei 13, 2021  



PATIMPUS.COM - Usai melaksanakan Shalat Ied Idul Fitri, warga Kampung Aur, Medan bergotong royong membersihkan sisa lumpur pasca banjir kiriman dari pegunungan yang merendam rumah warga yang bermukim di pinggir Sungai Deli, Kamis (13/5/2021).

Pantauan patimpus.com, walau pun banjir setinggi setengah meter merendam rumahnya, warga kampung aur tetap bersemangat merayakan Idul Fitri pada tahun ini. Terlihat warga tetap melaksanakan Shalat Ied Idul Fitri di Masjid Jami' Aur dan bersilaturahim ke jiran tetangga dan sanak saudara sebagai tradisi setiap tahunnya. 

"Tingginya sekitar lutut orang dewasa. Jam 06.00 WIB pagi, mulai berangsur surut dan meninggalkan lumpur," sebut Yusnidar.

Terlihat sejumlah warga, baik laki-laki dan perempuan bergotong royong membersihkan lumpur di sekitar halaman dan jalan masuk masjid agar warga yang hendak shalat Ied Idul Fitri bisa masuk ke masjid.

Rawan salah seorang warga yang ikut bergotong royong membersihkan Lumpur sisa banjir yang berada di sekitar masjid menjelaskan banjir yang merendam pemukiman warga pada hari ini merupakan banjir kiriman dari pegunungan. 

Menurutnya fenomena iklim ini sudah difahami warga Kampung Aur. Jika di kota tidak ada hujan tapi cuaca dingin, ditambah di pegunungan hujan lebat dan panjang maka warga sudah memahami fenomena iklim seperti ini pertanda air sungai akan banjir. Sebaliknya jika di kota ini hujan lebat, tapi di gunung tidak hujan lebat air sungai tidak akan banjir.

"Ini air kiriman dari gunung. Sepertinya di pegunungan sedang hujan lebat tadi malam, kalau hujan di gunung biasanya di kota Medan ini apa lagi di pinggiran sungai cuacanya terasa dingin. Kalau sudah gitu kita bersiap itu pertanda banjir," ujar Rawan mengakhiri sambil melanjutkan gotong royongnya. (Son)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.