Kamis, 05 Agustus 2021

Dengan Cepat, Api Lahap 100 Hektar Hutan Danau Toba

    Kamis, Agustus 05, 2021  

 


PATIMPUS.COM - Hingga Kamis (5/8/2021), luas hutan kawasan Danau Toba yang terbakar di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, sudah mencapai 100 hektar.

"Dari laporan terakhir yang diterima hari ini, luasan kebakaran mencapai 100 hektar," ujar Kepala Daops Manggala Agni Sumatera II/Pematang Siantar, Anggiat SP Sinaga, kepada wartawan.

Anggiat mengatakan hingga saat ini pihaknya sedang berupaya memadamkan kebakaran hutan yang dimulai sejak Rabu (4/8/2021). 

Penyebab kebakaran, menurut Anggiat dikarenakan musim kemarau yang membuat api dengan mudah menjalar luas ditambah hembusan angin kencang.

"Di saat musim kemarau, sore dan malam angin berembus kencang," ujarnya.

Kondisi ini diperburuk dengan topografi areal perbukitan yang terbakar. Keadaan itu membuat petugas kerja ekstra keras untuk memadamkan api sejak kemarin.

"Kita juga harus mengutamakan keselamatan petugas di lapangan, yang arealnya bisa dilalui bisa dipadamkan. Tapi kalau yang di atas bukit jika tak terjangkau kita observasi dan mengamati ke mana arah api menjalar," ujar Anggiat.

Agar kejadian ini tidak terulang, Anggiat mengimbau masyarakat untuk tidak ceroboh, apalagi bila berada di areal hutan yang mudah terbakar.

"Masyarakat supaya jangan membakar sembarangan saat berada di kebun. Jika membakar sampah juga harus dijaga, jangan ditinggalkan begitu saja," ujarnya.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.