Jumat, 08 Oktober 2021

Umur Yang Hina Atau Umur Yang Berkah

    Jumat, Oktober 08, 2021  


PATIMPUS.COM - Dalam Islam kemapanan seseorang itu ketika usianya mencapai 40 tahun, karena usia tersebut dianggap istimewa.

Al Quran surah Al Ahqaf ayat 15, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim."

(QS. Al-Ahqaf 46: Ayat 15)

Dalam ayat itu menganjurkan agar senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. Diantaranya adalah nikmat umur. Umur adalah batas waktu hidup, sedangkan usia adalah yang sudah kita lalui. Jadi ketika seseorang merayakan hari lahirnya maka usianya bertambah tapi umurnya semakin berkurang, banyak yang tak menyadarinya, 

Rasulullah bersabda yang diriwayatkan Attirmizi, sebaik-baiknya manusia yang dipanjangkan umurnya baik pula amal perbuatannya. Jadi ketika umur mencapai 40 tahun perbuatannya baik itulah umur yang berkah. Begitu juga sebaliknya apabila melakukan maksiat, tidak sholat, menzolimi orang dan sering berbicara yang tak baik itulah tanda umur yang hina. 

Al Quran memberikan solusi yang umur 40 tahun agar senantiasa perbanyak berdoa yang ada didalam surah Al Ahqaf ayat 15. 

Mudah mudah umur yang kita miliki adalah inir yang berkah, Aamiin

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.