Sabtu, 01 Januari 2022

Warga Aur Muhasabah Diri di Malam Pergantian Tahun

    Sabtu, Januari 01, 2022  


PATIMPUS.COM - Ratusan warga bermuhasabah diri di malam pergantian tahun 2021 menuju 2022 pada Jum'at (31/12/2021) di Masjid Jami' Aur Jalan Kampung Aur Medan.

Kegiatan muhasabah dengan Tabligh dan Zikir Akbar setiap pergantian tahunnya selalu diadakan oleh Badan Kenaziran Masjid Jami' Aur (BKMJA) bersinergi dengan Para Pemuda seperti Remaja Masjid Jami' Aur (RMJA), Sanggar Perkasa dan juga didukung oleh masyarakat Aur.

Taufiq Rusli selaku penasehat BKMJA, mengatakan, acara religi tersebut diharapkan akan berdampak positif bagi masyarakat dan Kampung Aur untuk menolak bala, dan mengajak masyarakat untuk mengevaluasi dirinya atas dosa-dosa sepanjang tahun yang pernah dilakukan sehingga timbul rasa takut kepada Allah Subhanahu wata'ala dan cinta kepada Nabi Muhammad bahwa tradisi malam pergantian tahun baru selama ini bukan dilakukan dengan bermain mercon, berkeyboard ria.

Taufiq menyatakan bahwa sebagai umat Islam sebaiknya di malam pergantian tahun ini perbanyak mengintropeksi diri dengan ibadah sholat, zikir dan bersholawat di masjid. Ia juga mengapresiasi upaya BKMJA dan panitia pelaksana mengadakan acara religi tersebut.

Menurut Taufiq, tradisi masyarakat yang selama ini setiap pergantian tahun dengan eforia menghidupkan mercon, berkeyboard dan lainnya sebaiknya diubah dengan kegiatan zikir akbar seperti ini untuk menolak bala dan bencana dari Kampung Aur khususnya. Agar musibah yang dialami bangsa Indonesia segera berakhir, serta mengajarkan kepada generasi muda untuk takut kepada Allah sehingga anak-anak tidak ikutan bermain mercon yang dapat mendatangkan bahaya.


"Kita berterimakasih kepada BKMJA dan panitia sudah mengadakan dan mempertahankan acara zikir akbar ini setiap malam pergantian tahun untuk bermuhasabah diri. Tradisi bersenang-senang dengan Keyboard sehingga bermabok-mabokan apalagi bermain mercon bisa kita hilangkan dengan kegiatan positif ini agar rahmad Allah menaungi kita dan kampung kita juga bangsa kita serta generasi tidak ikut bermain mercon yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran dll," jelas Taufiq disaat sambutannya.

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana yang juga Bidang Dakwah BKMJA Luthfi Akbar Prakifsa menjelaskan bahwa kegiatan zikir ini akan tetap kita adakan setiap pergantian tahun. 

Menurut luthfi kegiatan tersebut diharapkan dapat menyadarkan generasi dan masyarakat bahwa dari pada turun kejalan merayakan pergantian tahun baru dengan mercon dan mengadakan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat yang dapat merusak generasi, sebaiknya merenung diri di masjid atas semua dosa dan kesalahan yang sudah dilakukan sehingga generasi dan masyarakat bisa menyongsong tahun 2022 menjadi lebih baik dan lebih taat lagi beribadah.

"Kegiatan zikir ini akan tetap kita pertahankan, agar kita dapat merenungi semua kesalahan dan dosa kita, sehingga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Untuk itu Kami mengajak masyarakat dan generasi muda, dari pada turun kejalan, bermaen mercon dan melakukan kegiatan-kegiatan tak bermanfaat dan merusak moral bagus kita berzikir di masjid," ujar Luthfi.

Diakhir sambutannya, Luthfi yang juga Ketua Remaja Masjid Jami' Aur menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat aur dan juga donatur yang sudah membantu dan mendukung kegiatan religi tersebut. Ia juga mengajak generasi muda agar lebih menjadi generasi yang terbaik nantinya.

"Saya mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada masyarakat Aur dan Donatur yang sudah membantu mensukseskan acara ini, dan mengajak kawan-kawan generasi muda untuk bisa menjadi generasi terbaik dengan memperbanyak sholat untuk meramaikan masjid agar bisa terhindar dari narkoba dan ajaran budaya yang sesat," ucapnya. (son)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.