Rabu, 10 Agustus 2022

IKMA-Sergai Gelar Mengajar di SDN 104303 Kampung Ibus

    Rabu, Agustus 10, 2022  


PATIMPUS.COM - Ikatan Mahasiswa Serdang Bedagai (IKMA-Sergai) melakukan mengajar dan pengabdian kepada masyarakat di SD Negeri 104303 Kampung Ibus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, pada 4-6 Agustus 2022.

Kegiatan ini melibatkan seluruh anggota IKMA-Sergai dan pihak sekolah serta Kepala Desa Sei Rampah.

Muhammad Ramli SAg MA selaku Kepala SDN 104303 Kampung Ibus menyatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh IKMA-Sergai di SDN 104303 Kampung Ibus sesuai dengan nama kegiatan yaitu IKMA-Sergai Mengajar dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

"Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat baik bagi anggota IKMA-Sergai, bagi sekolah, bagi masyarakat dan bagi kabupaten Serdang Bedagai," ucap Muhammad Ramli SAg MA kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Lanjut Kepsek, bagi anggota IKMA-Sergai yang merupakan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Lhoksemawe, Aceh Utara akan mendapatkan pengalaman baru dalam kehidupan bermasyarakat terkhusus di dunia pendidikan dasar. Peserta kegiatan tentunya dapat mengakatualisasikan keilmuannya dalam mendidik, mengajar dan melatih anak didik dalam pembelajarannya. 

Sedangkan bagi sekolah tentunya akan memberikan motivasi yang sangat besar untuk  peserta didik agar terus menggantungkan asa dan cita-cita dengan terus belajar dan menuntut ilmu sampai ke Perguruan Tinggi, dengan mengesampingkan segala kekurangan dan hambatan yang ada seperti masalah pembiayaan/ekonomi orang tua. 

Begitu banyak beasiswa saat ini yang diberikan baik oleh pemerintah maupun oleh pihak lainnya, tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didik yang akan kuliah. Yang penting adalah niat dan kemauan.

Bagi masyarakat luas kegiatan ini sangatlah berarti, karena akan memberikan motivasi dan semangat baru bagi daerah untuk mengembangkan potensi daerahnya, baik dari segi ekonomi, sosial dan budaya.

"Saran saya, ke depan, agar IKMA-Sergai merancang kegiatan serupa tapi dengan Sasaran yang lebih banyak, waktu kegiatannya ditambah, jangan cuma 3 hari, dan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten, sehingga kegiatan yang dikemas mendapatkan out put yang lebih baik lagi bagi peserta kegiatan maupun bagi sasaran kegiatan.Terima kasih," ujarnya.

Sementara, Kepala Dusun Ibus mengatakan kegiatannya IKMA-Sergai sangat bagus bagi masyarakatnya.

"Ya bagus, kalau untuk masyarakat. Sebenarnya senang dengan kegiatan seperti ini dan sebagian anak-anaknya belajar seperti ikut les, mengaji bersama. Jadi agak terbantulah," katanya.

Rizki Shubhan Nasution Selaku Ketua Umum IKMA-Sergai mengatakan kegiatan IKMA-Sergai mengajar dan mengabdi ini adalah kegiatan sambil mengisi waktu luang dikala libur semester di Kampung Ibus, Sei Rampah.

"Kami menginap di salah satu rumah warga selama 3 hari dan melakukan kegiatan-kegiatan seperti, mengajar di SD, mengajar les privat dan mengajar ngaji untuk anak-anak di kampung tersebut dan tidak lupa kegiatan pengabdian lainnya yang sangat berkesan dan menjadi pengalaman bagi kami semua. Harapan saya semoga kegiatan ini berlanjut di tahun-tahun berikutnya karena di sini juga kita dapat membangun kekompakan di keluarga IKMA-Sergai ini sendiri," katanya.

Ketua Panitia IKMA-Sergai Mengajar dan Pengabdian Kepada Masyarakat, M Rinaldi Ario Seno menambahkan, kegiatan tersebut sudah selesai. 

"Kami selaku panitia dan anggota IKMA-Sergai sangat berterima kasih kepada SD N 104303 Kampung Ibus dan bapak Kepala Desa Sei Rampah yang telah mengizinkan kami untuk memberikan sedikit ilmu dan pengalam yang kami dapat saat kuliah di Universitas Malikussaleh (UNIMAL). Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari sangatlah memberikan sebuah makna dan pengalaman yg berarti bagi kami. Sekali lagi terima kasih untuk kawan kawan hebat IKMA-Sergai," ungkapnya.

M Rinaldi berharap semoga kedepannya IKMA-Sergai bisa membuat kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat luas terkhususnya di kabupaten Serdang Bedagai dan semoga semakin banyak juga pihak-pihak atau instansi terkait untuk mendukung kegiatan IKMA-Sergai kedepannya. (sar)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.