Senin, 01 Agustus 2022

RS Haji Medan Akan Suntik 700 Nakes Dengan Vaksin Booster

    Senin, Agustus 01, 2022  


PATIMPUS.COM - Pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk para tenaga kesehatan (nakes) sudah dimulai di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Salah satu rumah sakit yang telah mulai melaksanakannya yaitu Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan. Informasi diperoleh wartawan, pelaksanaan booster kedua ini belum berlangsung secara menyeluruh di Sumut.

Kepala Bagian Umum RSU Haji Medan, drg Anda Siregar mangatakan pihaknya telah mulai melaksanakan vaksinasi dosis keempat tersebut.

Jadwal yang mereka berikan, jelas dia, mulai Senin sampai Jumat, sejak pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. "Untuk vaksinasi booster kedua bagi nakes sudah kita mulai hari ini. Jenis vaksin yang digunakan adalah pfizer dan moderna," ungkapnya.

Total pegawai RSU Haji yang direncanakan akan divaksin 700 orang yang terdiri dari dokter 120 orang, perawat dan nakes lainnya 480 orang, tenaga pendukung lainnya 100 orang.

"Vaksin booster kedua ini akan langsung diinputkan dan masuk kedalam aplikasi peduli lindungi," ujarnya. Terpisah, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik akan menggelar vaksinasi booster kedua ini, Selasa (2/8/2022).

Namun Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUPHAM, Rosario Dorothy Simanjuntak MIKom menyebutkan jadwalnya masih bisa berubah, karena mereka masih menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan.

"Rencana sih besok, tapi blm ada kepastian dari Dinas (Kesehatan). Kami lagi menunggu kabar dari mereka," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis MM menyatakan bahwa vaksinasi booster kedua di Sumut rencananya memang akan dimulai pada Senin (1/8/2022) ini. 

Dia mengakui, pelaksanaan di Sumut memang ada sedikit keterlambatan dari waktu yang dicanangkan pemerintah pada Jumat (29/7/2022) kemarin, lantaran P-Care untuk Sumut belum terbuka.

"Kita kemarin memang mau lounching, tapi P-Carenya belum terbuka. Mudah-mudahan Senin ini mulai melaksanakan," ujarnya.

Sementara itu, untuk jenis vaksin, Ismail menerangkan, akan digunakan sesuai dengan stok vaksin yang tersedia, baik pfizer, moderna atau lainya. Untuk itu, dia berharap, booster kedua yang diberikan ini bisa menurunkan risiko (vatality) bagi nakes apabila terpapar Covid-19.

"Kita berharap yang mendapatkan booster kedua ini, pertama adalah yantvbekerja di rumah sakit, kedua vaksinator, ketiga petugas di puskesmas dan seterusnya," pungkasnya. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.