Minggu, 21 Mei 2023

IMO Sumut Gelar Rapat Konsolidasi Mantapkan Program Dan Kepengurusan

    Minggu, Mei 21, 2023  


PATIMPUS.COM - Ikatan Media Online Indonesia (IMO) Sumut menggelar rapat konsolidasi pemantapan program dan kepengurusan periode 2023-2028 yang dihadiri lebih 10 pengusaha media online di Sumut di Jalan Sultan Hasanuddin, Medan, Sabtu (20/5/2023).


Berakhirnya kepengurusan IMO Sumut periode 2018-2023, menjadi catatan penting bagi calon Ketua IMO Sumut periode 2023-2028 DR Sunarto Mpsi Psikolog.


”Karena tidak adanya kegiatan IMO periode sebelumnya, diakibatkan karena juga terhambat pada masa pandemi di tahun 2019 hingga tahun 2022, sampai berakhirlah kepengurusan IMO periode 2018-2023 pada bulan April 2023 lalu,” tutur Sunarto kepada awak media.


IMO yang merupakan wadah organisasi para pengusaha media online, dalam rapat konsolidasi tersebut dihadiri oleh pemilik atau pengusaha media online seperti : Global Cyber News Pairin SSos , Indonesiaone Hidayat SH, Punosekawan.com Pratama SH, Nagapos.id Donal Sinaga, IBNews Timbul Manurung, WaroengBerita.com Barto Sihotang, Intel Post Budi Hong, Patimpus.com Soni Muhammad.


Berbekal pengalaman di lapangan, para pemilik usaha media online yang tergabung dalam kepengurusan IMO Sumatera Utara periode 2023-2028 menyampaikan, berbagai hal menjadi kendala dihadapi perusahaan media berita online dalam serangkaian peliputan diberbagai instansi pemerintahan ,diantaranya keterbatasan kuota jurnalis dalam peliputan di suatu instansi pemerintah dikarenakan adanya oknum-oknum, jurnalis “nakal” , SDM diinstansi pemerintahan mencoba memelintir peraturan UU Pers No.40/1999 pasal 9, semestinya ranah UU Pers No.40/1999 menjadi ranah lembaga Dewan Pers dan bukan oknum-oknum tersebut.


Menurut Calon Ketua IMO Sumut DR Sunarto Mpsi, Psikolog bahwa dengan keberadaan kepengurusan baru IMO Sumut periode 2023-2028 ini, IMO harus memiliki terobosan-terobosan baru dan bukan saja sebagai follower dari organisasi pengusaha media online sebelumnya.


"Agar IMO tidak dianggap “bukan kaleng-kaleng”, namun bisa sejajar dengan organisasi pendahulunya, IMO bisa juga menjadi konsultan bagi pengusaha hendak memiliki media online namun masih bingung untuk memulai," katanya di depan calon kepengurusan IMO periode berikutnya.


“Kita harus membuat semua anggota IMO kedepannya , bisa saling mendukung dengan kekuatan dimiliki oleh pemilik media online agar dapat mensejahterahkan sesama anggota IMO,” tutur pemilik Global Cyber News Pairin SSos.


Pemilik IBNNews Timbul Manurung, menyampaikan bahwa IMO harus memiliki media publikasi yang saat ini sedang tren , seperti : Podcast ,karena menurutnya , IMO dapat mengundang pejabat pemerintahan, bacaleg, pemuka agama, dsb untuk membahas berita-berita viral saat ini serta opininya.


Berbeda dengan disampaikan oleh pemilik PunosekawanNews Pratama SH, yang berlatar belakang pengacara ini, mengatakan bahwa IMO harus memiliki kontak pengaduan dari masyarakat terkait bantuan hukum, karena masih banyak permasalahan di masyarakat khususnya di Sumatera Utara ini terkait perampasan tanah masyarakat.


Diakhir pertemuan, calon ketua Ikatan Pengusaha Media Online periode 2023-2028 DR Sunarto Msi,Psikolog menyampaikan akan merangkum semua masukan dari para anggota IMO dan menjadikannya program kegiatan di masa mendatang, sembari akan menyiapkan fasilitas untuk kegiatan Podcast yang sebelumnya pernah dilakukan olehnya, tentu diharapkan kekompakan dan kerjasama dari jajaran pengurus beserta anggota IMO periode baru ini. (son)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.