Rabu, 31 Mei 2023

Sambil Sarapan, Yok Ikut Lomba Lagu Irama Keroncong di Pasar Kamu

    Rabu, Mei 31, 2023  


PATIMPUS.COM - Festival musik bertema keroncong untuk pertama kalinya akan digelar di wisata Pekan Kuliner Pasar Kamu, Kampung Lama, Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang pada Minggu (4/6) mendatang.


Festival ini diselenggarakan oleh komunitas dan grup Keroncong Delirama bekerjasama dengan Pasar Kamu serta didukung sepenuhnya oleh Pemkab Deliserdang dan Pertamina.


Tak ada persyaratan khusus, siapa saja boleh ikut dalam festival yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah, tropi, dan sertifikat ini.

Ketua Panitia, Eti Wahyuni mengatakan, festival ini bertema Melalui Musik Keroncong, Kita Pupuk Jati Diri Bangsa sebagai Negara yang Berbhinneka dan Berbudaya.

Ada pun pemilihan tempat diselenggarakannya event ini di wisata Pasar Kamu karena ingin mendukung sektor pariwisata.


"Siapa saja boleh ikut dan mendaftar. Alasan kita buat acara ini itu karena kesadaran untuk melestarikan musik keroncong. Kami dari Delirama menggelar sebuah festival Lagu Irama Keroncong (LIKE) di Pasar Kamu. Berbagai pengalaman saat pementasan ‘Ngamen’ di Pasar Kamu meyakinkan Delirama bahwa ternyata animo masyarakat terhadap musik keroncong masih cukup tinggi,” jelasnya.


Faktanya, generasi milenial sekarang ini sebenarnya banyak yang suka musik Keroncong. “Setiap kita tampil di Pasar Kamu banyak anak muda yang juga naik ke panggung kita untuk ikut bernyanyi," kata Eti.


Sekadar informasi, Delirama Keroncong secara rutin dua minggu sekali membuat pagelaran di pentas Pasar Kamu. Dalam kesempatan tersebut Delirama Keroncong mengajak pengunjung berpartisipasi menyanyikan lagu berbagai genre dengan diiringi irama keroncong.


Melalui Festival LIKE ini, ia berharap musik keroncong akan kembali dikenal dan menjadi identitas bangsa sehingga tumbuh bakat-bakat muda meneruskan pelestariannya. Mengenai persyaratan pendaftaran disebut tidak ada batasan usia alias bebas. Peserta diminta untuk berpenampilan baik dan sopan.


"Kriteria penilaian bagaimana menguasai teknis benyanyi (penguasaan nada, tempo, dan akselerasi musik). Kemudian menguasaai panggung (mampu menarik pengunjung dan berpenampilan secara baik). Daftar lagu banyak yang bisa dipilih mulai dari lagu populer sekarang ini sampai tembang kenangan. Bahkan lagu Batak juga ada jadi semua ditantang bagaimana bisa menyanyikan itu dengan alunan musik keroncong," ucap Eti.


Banyaknya pilihan lagu ini, kata Eti, sengaja dilakukan, agar partisipasi makin luas. Jadi bukan hanya lagu keroncong saja yang bisa diperlombakan.


“Oleh karena itu kita namakan festival ini dengan Lagu Irama Keroncong. Karena kalau kita paksakan harus lagu keroncong, saya khawatir akan semakin mempersempit masyarakat ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini,” katanya.


Ia menjelaskan, perekrutan peserta dilakukan dengan berbagai cara diantaranya sosialisasi secara langsung seminggu sebelum pelaksanaan di Pasar Kamu. Selanjutnya melalui media sosial dan publikasi di media massa. Sampai saat ini, dikatakannya, antusas masyarakat cukup baik dengan sejumlah peserta yang telah mendaftar.


Ditambahkannya, selain memberikan hadiah untuk para pemenang, pihaknya juga akan memberikan apresiasi kepada peserta termuda dan peserta tertua. Hal dimaksudkan agar terjadi sinergitas antara generasi muda dan generasi tua untuk bersama-sama melestarikan musik keroncong sebagai warisan budaya nusantara.


Ditegaskannya lagi, pendaftaran festival musik ini gratis alias tidak dipungut biaya. Pendaftarannya bisa melalui nomor telepon 0813 6254 9050, 0813 6130 9133, atau 0853 5917 3541. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.