Rabu, 26 Juli 2023

Wartawan PON XXI Harus Perbanyak Data Dalam Pembuatan Berita

    Rabu, Juli 26, 2023  


PATIMPUS.COM - Pelatihan Jurnalistik Peliputan PON XXI/2024 kepada 60 wartawan dari berbagai media yang berlangsung 2 hari di Aula Gedung KONI Sumut jalan Williem Iskandar telah berakhir, Selasa (25/7/2023).


Pelatihan dihari ke dua ini, menghadirkan narasumber wartawan senior SR Hamonangan Panggabean yang memaparkan pengalamannya saat meliput event olahraga tingkat nasional dan internasional.


Monang menegaskan bahwa setiap wartawan harus paham regulasi dan aturan di setiap pelaksanaan multi event olahraga. Selain itu, wartawan juga harus bisa mengumpulkan data dan fakta yang akurat.


"Upayakan perbanyak data. Dari datalah yang dibuat jadi berita. Selain itu, wartawan bukan hanya membuat berita, tapi juga bisa menjadi bagian dari kontingen. Kita harus bisa memberi semangat atau spirit bagi atlet," papar Monang.


Monang yang merupakan Wakil Pimpinan Redaksi Harian Analisa menyatakan bahwa profesi wartawan merupakan sesuatu kebanggaan.


"Wartawan merupakan profesi yang membanggakan. Saya bisa mendatangi berbagai negara karena profesi sebagai wartawan,"  ujar Monang.


Sekretaris Umum PWI Sumut ini juga mengakui bahwa wartawan selalu mendapatkan fasilitas bagus saat meliput pertandingan multi event olahraga.


"Panitia multi event selalu membuat media center yang memiliki fasilitas luar biasa," ungkapnya.


Monang yang juga merupakan Kabid Humas KONI Sumut ini mengingatkan agar wartawan yang meliput pertandingan multievent harus mendapatkan ID Card resmi.


"Mudah-mudahan wartawan mendapatkan fasilitas terbaik pada PON 2024," pungkasnya.


Sementara itu, Ketua SIWO PWI Sumut Johny Ramadhan Silalahi dalam kata penutup menyampaikan rasa terima kasih kepada semua peserta yang telah mengikuti pelatihan ini.


Johny berharap Pelatihan Liputan Menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut yang digelar dapat menambah pengetahuan bagi wartawan di Sumut.


"Terima kasih kepada semua peserta. Mari bersama-sama mensukseskan dan menjadi saksi pelaksanaan PON 2024 di Sumatera Utara," pesannya.


Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Utara (KONI Sumut) bersama Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Sumut. (son)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.