Selasa, 19 September 2023

Mahasiswa Harus Perkuat Disiplin Diri Dan Tumbuhkan Karakter Berwawasan Bela Negara

    Selasa, September 19, 2023  


PATIMPUS.COM - Ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia Sumatera Utara (IARMI Sumut) Dr Drs H M Ismael P Sinaga MSi tampil menjadi pemateri pada acara Pelatihan Bela Negara (PBN) dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung 18-21 September 2023 di Kampus UISU jalan SM Raja Medan.


Acara Pelatihan Bela Negara (PBN) yang diadakan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)  tersebut dibuka langsung oleh Rektor UISU  Dr Safrida SE MSi beserta jajaran pimpinan Universitas dan dimeriahkan penyanyi top Pasha Ungu.


Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan itu, Dr Drs H M Ismael P Sinaga, M.Si meminta kepada 1000 mahasiswa/i baru UISU yang hadir untuk memperkuat disiplin diri dan menumbuhkan karakter berwawasan bela negara agar kelak menjadi pemimpin masa depan.


Menurut Ismael yang juga merupakan Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Sumatera Utara (Sumut), disiplin menjadi kunci penting yang harus sejak dini ditanamkan oleh para mahasiswa/i karena keberhasilan itu berawal dari disiplin. 


"Bukan hanya dalam belajar, tetapi juga dalam memotivasi diri, interaksi dan menempa diri menjadi orang yang berhasil," kata Ismael yang juga merupakan mantan Resimen Mahasiswa ini, Selasa (19/9/2023).


Dalam paparannya, Ismael menjelaskan ada perlunya mahasiswa/i memiliki kemampuan menjelaskan konsep dasar, terkait apa pun, terkhusus konsep dasar bela negara, Di antaranya mahasiswa harus  bertanggung jawab dalam perannya  sebagai mahasiswa untuk melaksakan bela negara.


"Untuk itu mahasiswa/i harus memahami konsep negara dan bela negara secara utuh sehingga tanggungjawab sebagai penerus kelangsungan berbangsa dan bernegara bisa dipersiapkan sejak dini dengan belajar sungguh sungguh meningkatkan kemampuan diri masing masing mahasiswa sehingga kelak akan meneruskan mengisi pembangunan dan mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara," jelas Ismael.


Ketua Persatuan Marga Sinaga Muslim Sumut  ini juga mengingatkan kepada para mahasiswa/i baru untuk tidak asal berkomentar di media sosial, karena bisa menimbulkan berbagai masalah, apalagi bertujuan untuk hal-hal yang tidak produktif dan sia-sia.


"Saya ingatkan masa depan itu ada di tangan kalian adek-adek mahasiswa/i tempalah diri kalian sejak awal, perkuat disiplin karena hal ini dapat memacu semangat kalian untuk mengejar masa depan yang lebih baik," kata Ismael. 


Acara PBN tersebut sebelumnya diawali dengan berbagai kegiatan, yakni apel tiap fakultas, ceramah tentang bahaya narkoba, gadget sehat generasi Indonesia dan lain-lain.


Pada Pelatihan Bela Negara yang mengusung materi Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas tahun 2045, dalam sambutan saat pembukaan acara, Rektor UISU Dr Safrida SE MSi mengatakan bahwa tahun ini terjadi peningkatan jumlah mahasiswa baru mencapai 40 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya. 


Dikatakannya, peningkatan itu berkat kerjasama dan kerjakeras seluruh keluarga besar UISU. Rektor juga mengucapkan terimakasih atas tumbuhnya kembali kepercayaan masyarakat untuk memperoleh pendidikan di kampus Universitas yang tertua di luar Pulau Jawa ini.


Selain dihadiri sekitar 1.000 mahasiswa/i baru tahun ajaran 2023/2024, turut hadir juga Ketua Panitia PBN UISU Ir Maraiman Nasution, Sekretaris Edi Negara Siahaan SH, MA, dan jajaran panitia lainnya. (son) 

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.