Jumat, 17 November 2023

Event Jetski Peluang Besar Promosi Pariwisata Sumut Ke Dunia

    Jumat, November 17, 2023  


PATIMPUS.COM - Indonesia khususnya Sumatera Utara (Sumut) sedang bersiap menyelenggarakan event berkelas Internasional Aquabike Jetski World Championship yang akan berlangsung di Danau Toba Sumut 22-26 November mendatang, dan juga di gelar Pesta Rakyat Danau Toba, Kuliner, dan juga Festival Budaya.


Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengaku optimistis Aquabike Jetski World Championship yang akan digelar akan mampu mendongkrak tidak saja prestasi tapi juga mampu mengangkat ekonomi serta iklim destinasi pariwisata Indonesia khususnya Sumatera Utara sebagai tuan rumah. 


"Kita akan terus menggelar even-even yang bersifat sport tourism seperti ini, dan kita akan terus dorong event-event kelas dunia ini," kata Menpora, saat menghadiri press conference secara online di Medan, Jumat (17/11/2023). 


Menpora menambahkan even perpaduan olahraga dan pariwisata seperti sport entertainmen akan terus digelorakan, sehingga kedepannya tidak lagi olahraga hanya mengandalkan prestasi semata. 


"Even-even olahraga harus mampu memberikan multiplayer efek bagi daerah tempat kegiatan itu digelar," ucapnya. 


Menpora Dito Ariotedjo kembali memaparkan bagaimana even olahraga internasional, F1 Power Both Champion ship yang Februari 2023 lalu juga pernah digelar di Kabupaten Samosir, cukup sukses memberikan dampak positif kepada daerah itu. 


"Ketika itu, seluruh maskapai penerbangan juga meningkat signifikan, hotel dan penginapan di wilayah itu penuh  masyarakat juga membludak menyaksikan even itu," ucapnya. 


Turut hadir juga dalam konfrensi pers Aquabike Jetski World Championship, Cosmas Harefa, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bupati Karo Cory Sebayang  dan Dirut BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan , Maya Watono , Direktur Marketing Injourney. 


Sebagaimana diketahui PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney merupakan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung dipercaya menjadi penyelenggara event Aquabike Jetski World Championship 2023. Selain itu hadir juga secara online tiga Bupati lainnya.


Aquabike Jetski yang diikuti seratusan rider dari 20 negara melibatkan empat kabupaten, yakni Dairi, Samosir, Karo dan Toba. 


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumi Sulthony SSos, menyampaikan sejumlah even internasional yang digelar di Sumut merupakan anugrah bagi provinsi ini. 


Even even tersebut diharap memberi dampak luar biasa bagi Sumut. "Di bulan November ini juga akan digelar Rally Asia Pasifik," katanya. (soni)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.