Senin, 27 November 2023

Ratusan Rumah di Belawan Dapat Bantuan Pemasangan Listrik Gratis

    Senin, November 27, 2023  



PATIMPUS.COM - Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM anggota Komisi VII DPR RI bersama Ditjen Ketenagalistrikan melaksanakan kegiatan peresmian dan penyalaan pertama Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Propinsi Sumatera Utara di Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Sumatera Utara, Senin (27/11) pukul 13.30 Wib.


Dalam pelaksana Program BPBL pertama kali dilaksanakan di Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan sebanyak 193 rumah tangga tidak mampu.


"Sebanyak 193 rumah tangga tidak mampu di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara mendapatkan sambungan listrik gratis dari Pemerintah melalui BPBL. Bantuan ini merupakan program Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang didukung Komisi VII DPR RI," sebut Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM, Dapil Medan, Deliserdang dan Tebingtinggi.


Koordinator Humas dan Layanan Informasi Publik, Ditjen Ketenagalistrikan, Pandu Satria Jati dalam acara Peresmian dan Penyalaan Pertama Program Bantuan Pasang Baru Listrik di Provinsi Sumatera Utara, di Kota Medan, Kecamatan Medan Belawan menjelaskan sampai saat ini telah menyala seluruhnya.


Pandu mengatakan, program BPBL ini diharapkan dapat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan dari tetangga yang tidak sesuai dengan ketentuan. Sambungan listrik yang tidak sesuai dengan kaidah keselamatan ketenagalistrikan tentu sangat berbahaya, karena seperti yang kita ketahui, listrik selain bermanfaat namun juga berbahaya.


“Program BPBL ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun kepada masyarakat yang menjadi sasaran program. Apabila pada pelaksanaannya terdapat pungutan liar dapat disampaikan pengaduan kepada Kementerian ESDM melalui berbagai kanal seperti media sosial dan contact center 136," ujar Pandu.


Dalam kesempatan yang sama, anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Sitompul kembali mengatakan bahwa Kecamatan Belawan menjadi sasaran pertama program aspirasi BPBL di Kota Medan. 


"Saya petakan sejak awal terkait kondisi masyarakat Belawan yang banyak belum berlistrik sejak saya menjadi anggota DPRD tahun 2009 dari Praksi Demokrat Dapil VII. Di sore ini saya sangat bahagia khusunya di Belawan 1 karena saya bisa hadir di tengah tengah-tengah masyarakat.


Dalam program-program saya dari aspirasi masyarakat satu kebahagiaan saya dari dapil saya dari awal saya berikan partisipasi saya untuk di wilayah Dapil saya ini dan yang terutama saya sangat berterima kasih kepada pihak PLN dan khusnya kepada Pemko Medan yang telah memberi perhatian kepada masyarakat didapil saya ini.saya berharap kedepannya berkesinambung adanya saling kerja samanya. Semoga program ini bisa berkelanjutan," ujarnya


Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM berharap dengan program ini, masyarakat menjadi terang hatinya.


"Saya siap menampung aspirasi masyarakat yang belum berlistrik,” ungkap Hendrik.


General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Utara, Awaluddin Hafid mengatakan, PLN berharap kolaborasi ini menjadi langkah awal sinergi untuk melakukan perluasan dan pengembangan kerjasama lainnya yang memungkinkan pemanfaatan potensi bisnis dalam Ekosistem Listrik.


“Program BPBL ini merupakan bukti nyata dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengejar target rasio elektrifikasi sebesar 100%,” ujar Awaludin.


Nurmala (61) Warga Lingkungan 30 Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Sumatera Utara, yang merupakan salah satu penerima Program BPBL bercerita bahwa selama ini ia menyalur dari langsung dari tiang listrik dekat rumah. Setelah menerima bantuan, ia merasa senang karena tak perlu merasa ketakutan seperti sebelumnya saat belum memiliki listrik mandiri.


"Saya sangat berterima kasih kepada pihak PLN dan juga sangat berterima kasih kepada bapak Drs.Hendrik Halomoan Sitompul ,MM yang telah memberi dan mendengarkan aspirasi masyarakat dalam Program BPBL," sebutnya


Tak jauh dari rumah Nurmala, terdapat rumah Hairul Amry (36) yang juga mendapatkan bantuan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).sama seperti Nurmala, sebelumnya, ia menyalur listrik melalui tiang listrik dekat rumah.


 "Saya sangat bersyukur dan berterima kasih telah mendapatkan bantuan ini,” ucap Hairul Amry. (raj)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.