Senin, 22 Januari 2024

Ombudsman RI Tinjau Fasilitas Layanan RSU Haji Medan

    Senin, Januari 22, 2024  


PATIMPUS.COM - Ombudsman RI meninjau secara langsung pelayanan publik di RS Haji Medan Provinsi Sumut, Senin (22/1).


"Selain melihat kondisinya secara nyata, kita juga melihat progres-progres RS Haji ini seperti apa, karena kualitas pelayanan publik yang prima tidak semata memenuhi standar pelayanan atau quality control, tetapi juga harus ada quality improvement," imbuh Dadan S Suharmawijaya S.IP M.IP, selaku anggota Ombudsman Republik Indonesia kepada wartawan. 


Dia juga mengapresiasi 'mimpi-mimpi' RS Haji Medan Provinsi Sumut dalam melayani masyarakat dengan membangun beberapa tower layanan atau meningkatkan kapasitas kamar dari 200 kamar menjadi 400 kamar. 


"Tentu basic pembangunan tower itu adalah kebutuhan, dan kami lihat kebutuhan itu memang realitas dengan banyaknya jumlah pasien di Poli, rawat inap begitu membludak, sehingga memang perlu ada peningkatan," ungkapnya.


Dari hasil tinjauan ke sejumlah lokasi pelayanan, dia mengaku pelayanan di RS Haji Medan bagus, tetapi standar fasilitas kurang. Standar fasilitas yang masih kurang ini menjadi dilema, karena di sisi lain manajemen RS Haji ingin pelayanan terlihat bagus, tapi tidak bisa membatasi jumlah pasien yang dilayani sehingga terjadi antrean panjang dan pembludakan pasien. 


"Ini terlihat dari jumlah pasien yang membludak, menunggu antrean dengan berdesakan, ada di lorong-lorong kalau dari segi kenyamanan, saya rasa masih kurang nyaman. Makanya, Direktur RS Haji Medan ingin mempercepat pembangunan fasilitas sehingga tumpukan pasien-pasien tidak lagi seperti sekarang ini. Maka Kita harus mendukung pengembangan fasilitas kesehatan RS Haji," terangnya. 


Sementara itu, Direktur RSU Haji Medan Provinsi Sumut dr. Rehulina Ginting, M.Kes mengatakan, RS Haji Medan Prov Sumut akan menambah fasilitas pada tahun 2025. "Tapi tim kami akan memperbaiki situasi crowded sekarang ini. Artinya kita akan menambah ruang tunggu untuk spesialis jantung agar tidak padat di daerah antrean pendaftaran. Ini salah satu yang akan kami perbaiki," imbuhnya. 


Dia juga menyampaikan ke depan akan ada pembangunan satu tower untuk UGD dan Poliklinik. "Jumlah pasien kita cukup tinggi, rawat jalan hampir 500 pasien tiap hari. Alhamdulillah, RS Haji Medan menjadi pilihan masyarakat," tutupnya. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.