Minggu, 17 Januari 2021

Banjir Dan Longsor Tanah Laut Kalsel Renggut 10 Korban Jiwa

    Minggu, Januari 17, 2021  


PATIMPUS.COM - Hingga hari ini, Sabtu (16/1/2021), Satgas Tanggap Darurat Bencana Tanah Laut, Kalimantan Selatan, telah mencatat korban jiwa sebanyak 10 orang akibat banjir dan tanah longsor.


Ketua Satgas 2 Penangan Banjir Kalimatan Selatan, Letkol Inf Adi Yoga, kepada Patimpus.com mengatakan, korban pertama adalah dua orang anak yang hanyut kecemplung saat bermain di sungai.


"Kemudian 4 orang korban tanah longsor di Kecamatan Banjar Besar berhasil ditemukan sore tadi, namun 2 orang masih dalam pencarian. Kemudian ada pemancing yang tenggelam karena perahunya terbalik saat terjadi banjir," papar Letkol Inf Adi Yoga.


Selain korban jiwa, Satgas juga mencatat kerusakan infrastruktur di beberapa titik, diantaranya jembatan Pabananan yang putus. 


Kemudian sejumlah ruas jalan terendam dan sekitar 5000 rumah warga terendam.


Bahkan di Kecamatan Katisung, jembatan yang menghubungkan Desa Pagatan Besar dan Tabanio juga terputus. Lalu ada beberapa desa terisolir, namun bisa dicapai dengan menggunakan perahu gotok untuk distribusi logistik.


"Untuk rehabilitasi, nanti pada saat selesai tanggap darurat akan diinvetarisir berapa kerugian. Baik infrastruktur maupun material yang diderita oleh masyarakat," sebutnya.


"Tanggap darurat selesai tahap pertama selama 14 hari. Kemudian bisa diperpanjang seandainya memang situasi harus memaksa kita untuk diperpanjang tanggap darurat," lanjutnya. (ali)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.