Minggu, 17 Januari 2021

Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir Kalimantan Selatan Tampung 12.500 Pengungsi

    Minggu, Januari 17, 2021  


PATIMPUS.COM - Posko Satuan Tugas Tanggap Darurat Bencana Tanah Laut, Kalimantan Selatan sudah melayani 12.500 pengungsi yang tersebar di beberapa titik.


"Kita ada beberapa posko besar. Posko utama berada di GOR Play di kabupaten. Sedangkan di kecamatan-kecamatan diutamakan di Kecamatan Banua Dayak, Kecamatan Batibati, Kecamatan Kurau dan Bumi Mahor," sebut Letkol Inf Adi Yoga, Kodim 1009 Tanah Laut, Kalimantan Selatan, selaku Ketua 2 Satgas Penangan Banjir Kalimantan Selatan, kepada Patimpus.com, Sabtu (16/1/2021) saat memantau jembatan Pabahanan yang terputus.


Letkol Inf Adi Yoga juga mengatakan, pihaknya menggunakan posko darurat di tingkat kecamatan, yang terdiri dari posko kesehatan, posko pertolongan evakuasi dan posko dapur umum.


"Sampai saat ini bantuan memang berdatangan, namun terkendala akses. Salah satunya putusnya jembatan Pabahanan ini, akibat kedua sisinya tergerus air sejak tanggal 14 Januari 2021," sebutnya.


Putusnya jembatan Pabahanan ini sudah dilaporkan ke Panglima TNI yang datang ke lokasi bencana. 


"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa ditindaklanjuti dari tingkat pusat. Karena jembatan ini merupakan jalan nasional yang menghubungkan Banjar Baru sampai Tanah Puku.


Letkol Inf Adi Yoga menghimbau kepada semua rakyat Indonesia dimana pun berada, untuk memberikan bantuannya dalam bentuk apa pun. 


"Baik dalam bentuk logistik mentah, beras, mie instans, pampers, pakaian kering, termasuk dalam bentuk dana yang akan kita belanjakan," bebernya, sembari mengatakan, posko dana atau bantuan dalam bentuk apa pun bisa diarahkan ke posko kabupaten yang sudah disediakan rekening milik PMI. (ali)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.