Sabtu, 12 Juni 2021

UMA - KOPA Gelar Peningkatan Self-Compassion Anak Kampung Aur

    Sabtu, Juni 12, 2021  


PATIMPUS.COM -  Pentingnya anak-anak memahami dirinya sendiri membuat mahasiswa psikologi Universitas Medan Area (UMA) bersama Komunitas Peduli Anak (KOPA) menggelar kegiatan meningkatkan Self-Compassion di Kampung Aur, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan Self-Compassion anak, serta mensosialisasikan bahwa pentingnya bagi anak memahami diri sendiri secara positif," terang Syafri Tanjung, pendiri KOPA kepada patimpus.com, Jumat (11/6/2021), di Medan.

Pria yang akrab dipanggil Pak Icap ini mengatakan, kegiatan self-compassion ini sudah berlangsung sejak Rabu (7/4/2021) hingga saat ini.

Kegiatan mahasiswa UMA fakultas psikologi di bawah bimbingan ibu Meri Hafni SPsi MPsi ini, lanjut Pak Icap, pada awalnya melihat anak-anak di Kampung Aur masih merasa asing dengan mahasiswa UMA.

"Mahasiswa melihat tidak sedikit anak-anak yang tidak mudah untuk menyesuaikan diri dengan orang lain dan setiap anak memiliki watak dan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda," sebutnya.

Namun, para Mahasiswa Psikologi UMA perlahan dapat membangun hubungan yang baik dan menyesuaikan diri dengan anak-anak Kampung Aur dimulai dengan saling memperkenalkan diri. 

Anak-anak Kampung Aur juga mengajak mahasiswa UMA untuk berkeliling di sekitar tempat tinggal mereka.



Anak-anak tampak semakin dekat dengan mahasiswa UMA. Hal ini terlihat dari rasa antusiasme anak-anak Kampung Aur ketika mahasiswa berkunjung pada minggu berikutnya dan mereka mulai dapat berkomunikasi dengan baik.

Kepada mahasiswa nak-anak Kampung Aur mulai bercerita secara langsung tentang keseharian mereka atau dengan menuliskan hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan yang mereka alami diselembar kertas.

Pada minggu berikutnya mahasiswa UMA juga memberikan ilmu-ilmu pengetahuan dasar kepada anak-anak kelurahan Aur, seperti mengajarkan cara berhitung, menggambar dan mewarnai, kuis ilmu sosial dasar, dan lain-lain.

Anak-anak tampak antusias dan sebagian terlihat sulit untuk menyelesaikan pertanyaan yang diberikan. Untuk menunjukkan rasa apresiasi mahasiswa terhadap semangat anak-anak di kelurahan Aur, mahasiswa UMA memberikan makanan dan minuman ringan kepada mereka.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kita semua dapat melihat dunia dengan perspektif yang berbeda-beda. Karena banyak sekali kehidupan diluar sana yang belum pernah terbayangkan oleh kita sebelumnya, juga dapat menerapkan ilmu yang telah didapat secara langsung dengan terjun ke masyarakat," tukasnya. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.