Minggu, 13 Juni 2021

YP IT Al Ikhwan Desa Bangun Tanjung Morawa Fokuskan Tahfiz Qur'an dan Bahasa Arab

    Minggu, Juni 13, 2021  


PATIMPUS.COM - Membentuk generasi yang berakhlak, berprestasi, unggul dan siap berkompetisi di kehidupan sehari-hari serta berguna bagi agama, bangsa dan negara merupakan tujuan utama dunia pendidikan madrasah.

Pendidikan di Yayasan Perguruan Islam Terpadu (YP IT) Al Ikhwan yang terletak di Jalan Lokasi Dusun XIII - B, Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa, juga menerapkan Kurikulum Pendidikan Nasional, dengan mengajarkan mata pelajaran umum lainnya. 

YP IT Al Ikhwan sendiri fokus pada tingkatan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Swasta Islam Terpadu (MIS IT) setingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT). Selain mengajarkan program unggulan Tahfizul Qur'an yang dapat mencetak generasi Qur'an, 

Perguruan Al Ikhwan juga menerapkan Program Kurikulum Nasional serta membantu pemerintah menuntaskan wajib belajar 12 tahun dengan dibimbing oleh Tenaga Pengajar (Guru) yang memiliki background Sarjana Pendidikan yang linier dengan mata pelajaran yang diampuhnya.


Sejarah Perguruan Al Ikhwan

Inisiatif Yayasan Al Ikhwan, mendirikan Perguruan Al Ikhwan berawal dikarenakan wilayah tersebut tidak ada sekolah. Desa Bangun Tanjung Morawa tersebut merupakan pemukiman padat penduduk, tetapi tidak memiliki akses pendidikan untuk generasi muda sebagai ujung tombak bangsa dan negara.

Melihat jauhnya lokasi sekolah dari wilayah tersebut, Yayasan Perguruan Al Ikhwan mendirikan sekolah di daerah tersebut.

Mengawali kiprah di dunia pendidikan, awalnya Perguruan Al Ikhwan menerima lebih kurang 20 orang siswa yang dimulai dari Tingkat pendidikan TK, semakin banyaknya minat masyarakat sekitar untuk menyekolahkan anaknya, pada Tahun 2008 Perguruan Al Ikhwan mendirikan Madrasah Ibtidayyah Swasta Islam Terpadu (MIS IT).

MIS IT Al Ikhwan sendiri merupakan sekolah favorit, dengan Bimbingan Guru yang Berpengalaman dan memiliki background lulusan Sarjana Pendidikan, dan bahkan lulusan Pesantren.

MIS IT Al Ikhwan memiliki program unggulan Tahfizul Qur'an yang siap melahirkan Generasi yang Berakhlak Qur'ani, yang berprestasi dan siap berkompetisi tidak saja di bidang pendidikan akademik tetapi juga pendidikan non akademik yang berfokus pada Tahfis Qur'an.

Adapun metode pengajarannya yaitu untuk siswa-siswi akan diajarkan dengan target setiap 1 semester minimal hafal 2 surat. selain tahzul qur'an siswa juga diajarkan praktek berwudhu, Sholat berjama'ah, dan setiap harinya belajar Iqra' dan Al-Qur'an serta praktek hafalan do'a.

MIS IT Al Ikhwan yang sudah berdiri selama 13 tahun ini, juga berkontribusi membantu program pemerintah menuntaskan  belajar 12 tahun sesuai dengan misinya. selain itu MIS Al Ikhwan juga memiliki kegiatan ekskul seperti Pramuka, Tahfis dan belajar dengan membiasakan Mufradat (belajar dengan membiasakan dan mengenalkan kosakata). seperti Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.



Pandemi Segera Berakhir

Kepala MIS IT Al Ikhwan Fina Yulita SPdI, saat ditemui patimpus.com berharap agar masa pandemi Covid-19 ini segera berakhir, sehingga anak didiknya dapat kembali belajar tatap muka langsung dibimbing gurunya. Fina merasa untuk mewujudkan visi sekolahnya yaitu melahirkan generasi yang berakhlak mulia, beriman kepada Allah SWT serta memiliki ilmu pengetahuan yang luas, belajar daring bukan solusi mencerdaskan generasi bangsa yang berakhlak dan beriman kepada Allah. Karena belajar dari google tidak mendapatkan pelajaran akhlak, dan pelajaran akhlakul karimah tidak bisa didapat dari internet.

Menurutnya solusi mewujudkan visi sekolah tersebut yaitu belajar tatap muka langsung dibimbing guru yang linier dengan kemampuan dibidang mata pelajarannya sehingga guru dapat langsung berinteraksi melihat perkembangan siswanya.

"Kita sebagai tenaga pendidik mengharapkan virus ini segera berakhir agar siswa bisa bertatap muka karena belajar dari google tidak mendapatkan pelajaran akhlak dan pelajaran akhlakul karimah itu tidak didapat dari internet yang membuat individual budi pekerti si anak semakin berkurang, jadi solusinya kita berharap belajar bertatap muka dengan dibimbing langsung oleh gurunya." ujar Fina.



Berdirinya SMP IT Al Ikhwan

Dengan dibimbing oleh guru yang berkompeten dibidangnya dan didukung program dan metode pendidikan yang baik, membuat MIS IT Al Ikhwan berkembang pesat, setiap tahunnya siswa yang terdaftar terus bertambah. 

Perkembangan dengan program dan metode pendidikan yang baik tersebut dengan sukses melahirkan generasi qur'ani, dan juga atas usulan dari masyarakat agar mendirikan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Pada tahun 2015 Yayasan Perguruan Al Ikhwan meningkatkan mutu pendidikan sekolah dengan resmi membuka jenjang pendidikan tingkatan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT).

Sama seperti MIS IT nya, SMP IT  Al Ikhwan siap melahirkan generasi yang Berakhlakul Karimah, generasi cinta qur'an yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,  berprestasi serta siap berkompetisi di segala bidang.

SMP IT Al Ikhwan sendiri selama 6 tahun sudah berkiprah di dunia pendidikan sehingga memiliki program unggulan dengan mata pelajaran akademik dan non akademik. Untuk program Akademik sekolah fokus pada pelajaran umum seperti mata pelajaran IPA, IPS, Matematika dan lainnya. untuk program  non akademik, sesuai misi sekolah tersebut yaitu mengembangkan secara optimal bakat dan potensi yang dimiliki siswa, dengan menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif dan terprogram.

SMP IT Al Ikhwan memiliki program ekstrakurikuler unggulan seperti Tahfiz Qur'an, Memanah, Nasyid, Futsal dan Drum Band. Selain itu ada juga ekskul tambahan lain buat siswa yang berbakat dan bisa mengembangkan potensinya, seperti pidato tiga bahasa yaitu Bahasa indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, serta Tilawah Qur'an.

Dede Sulaiman S.Pd selaku Kepala SMP IT Al Ikhwan saat ditemui di ruang kerjanya, berharap pemerintah bisa segera menyelesaikan penanganan virus corona, dan bagi siswa tetap bersemangat belajar walaupun belajar daring. Selain itu juga Dede berharap agar pendidikan segera bertatap muka.

"Harapan saya selaku tenaga pendidik, terkhusus untuk siswa selaku generasi muda, ujung tombak negara kita, untuk tetap semangat walaupun belajar daring ataupun during, buat pemerintah semoga bisa segera menangani dan menyelesaikan virus covid ini, agar kita bisa kembali ke sekolah dengan belajar  bertatap muka tanpa kendala apapun." ujar Dede.


Menerima Murid Baru

Bagi masyarakat yang berdomisili di sekitaran  Dusun XIII-B, Desa Bangun Sari Tanjung Morawa dan sekitarnya, ingin anak-anaknya menjadi hafis qur'an, bisa dimasukkan atau didaftarkan ke Perguruan Islam Terpadu Al Ikhwan.

Perguruan Al Ikhwan membuka pendaftaran Siswa-siswi baru dengan Tahun Ajaran Baru 2021-2022 dengan Tingkatan Pendidikan MIS IT  dan SMP IT.

Dengan Persyaratan sebagai berikut :

Untuk MIS IT Al Ikhwan : 

1. Membawa foto copy KTP Ayah dan Ibu : 1 lembar
2. Foto Copy Akte Kelahiran : 1 lembar
3. Foto copy Kartu Keluarga (KK) : 1 lembar
4. Foto copy Ijazah TK : 1 lembar


Pendaftaran Bisa langsung datang ke sekolah atau Contact Person : Ummi Fina (0812-6037-4543) atau Buya Bambang (0823-6901-1939)


Untuk SMP IT Al Ikhwan :

1. Membawa foto copy KTP Ayah dan Ibu : 1 lembar
2. Foto Copy Akte Kelahiran : 1 lembar
3. Foto copy Kartu Keluarga (KK) : 1 lembar
4. Foto copy SKHU/ Ijazah  SD/MI : 1 lembar
5. Foto Copy Kartu NISN : 1 lembar

6. Pasphoto 3x4 : 1 lembar

Contact Person : Buya Dede : 0813-6206-5284 atau Ummi Wida : 0813-6264-7402

SMP IT memberikan diskon potongan harga buat siswa-siswi yang berprestasi disekolah sebelumnya baik SD/MI dan juga memberi potongan harga bagi Alumni MIS IT AL-Ikhwan. (son)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.