Selasa, 10 Agustus 2021

Asrama Haji Medan Dijadikan Isoter Positif Covid-19

    Selasa, Agustus 10, 2021  


PATIMPUS.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akhirnya resmi menggunakan Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan sebagai tempat Isolasi Terpusat (Isoter) pasien positif Covid-19, Selasa (10/8/2021).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah mengatakan Isoter Asrama Haji itu sebagai salah satu upaya menurunkan angka BOR di kota Medan.

"Tadi Pak Gubernur sudah menyampaikan ada beberapa mekanisme orang bisa masuk kesini. Pertama yang digeser ke sini (Isoter Asrama Haji) adalah pasien rujukan dari RS yang dengan status ringan dan recovery. Jadi sambil menunggu hasil PCR nya dia menunggunya disini jadi tidak lagi menunggu di RS," kata Aris.

Kemudian sebutnya yang bisa diisolasi di Isoter Asrama Haji yang kedua adalah untuk WNI atau orang yang datang dari luar negeri yang terkonfirmasi positif setelah di PCR. 

"Jadi WNI kita ini kan datang dari Bandara Kualanamu dikirim ke tempat penginapan. Mereka di tempat penginapan akan kita lakukan pemeriksaan atau screening dan PCR, bagi yang positif akan dibawa kesini," jelasnya lebih lanjut.

Kemudian orang-orang yang tertangkap Operasi Yustisi jika positif juga akan diisolasi di sini.

"Pada saat dilakukan Operasi Yustisi diperiksa dan screening Rapid Antigen, kemudian hasilnya positif langsung kita bawa kesini," tegas Aris kepada awak media.

Sementara itu, sebutnya jika ada warga  yang positif tapi mau isoman di rumah, dikatakan Aris itu harus koordinasi dengan puskesmas tempat ia tinggal. Puskesmas yang memastikan nantinya dimana orang tersebut harus dikirm.

Situasi kasus Covid-19 di Sumut saat ini khusus Covid-19 Varian Delta sempat meningkat namun ia mengatakan saat ini sudah turun. 

"Di Sumut yang terdeteksi 18  ditambah 2 kasus belakangan tercatat.  Setelah itu kasus meningkat ini kita sebutlah karena Delta. Sekarang sudah turun dari 1500 kasus kini turun ke angka 1000 sekian. Mudah-mudahan akan turun terus. Karena secara nasional pun kasus Delta sudah turun," pungkasnya. 

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.