Rabu, 18 Agustus 2021

UMSU Bantu Warga Kampung Aur Manfaatkan Lumpur Banjir Untuk Tanam Sayur

    Rabu, Agustus 18, 2021  


PATIMPUS.COM - Banjir Sungai Deli yang kerap merendam pemukiman warga Kampung Aur, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan menyisakan lumpur yang mengganggu aktivitas warga.

Biasanya lumpur-lumpur tersebut dibuang begitu saja ke sungai, karena warga tidak tahu cara memanfaatkan limbah lumpur yang ditinggal banjir.

Melihat kondisi itu, Fakultas Pertanian UMSU melakukan riset pada lumpur sisa banjir di Kampung Aur, yang dipimpin Dr Ir Asritanami Munar MP, Dr Dafni Mawar Tarigan SP MSi dan Hazen Arrazie Kurniawan SP MSi, untuk membantu warga dalam mengatasi dan memanfaatkan lumpur.

Berdasarkan survei lapangan yang dilakukan, ternyata endapan lumpur yang dibawa oleh Sungai Deli dapat dimamfaatkan sebagai media untuk tanaman sayuran vertikultur.

Melalui kerjasama Ranting Muhammadiyah Aur, Cabang Muhammadiyah Kota Medan dan Fakultas Pertanian UMSU, maka dilaksanakanlah  Program Kemitraan Masyarakat, berupa pelatihan pemafaatan endapan lumpur sungai untuk tanaman sayuran Vertikultur bersama ibu-ibu Aisyiyah dan masyarakat. 

Pelaksanaan pelatihan dan pemberian edukasi dilaksanakan di kantor Komunitas Peduli Anak (KOPA) yang dipimpin oleh Safri Tanjung. 

"Warga dan ibu-ibu Aisyiyah sangat senang dan antusias mengikuti program kemitraan masyarakat yang diadakan Fakultas Pertanian UMSU," sebut Syafri Tanjung, kepada wartawan, Selasa (17/8/2021).

Sementara Dr Ir Asritanami Munar selaku Ketua Program Kemitraan Masyarakat berharap program ini dapat memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan sayur warga Kampung Aur dan dapat terus dipraktekkan sehari-hari.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.