Jumat, 05 November 2021

Ustadz Ruslan Idris : Keistimewaan Manusia

    Jumat, November 05, 2021  

 


PATIMPUS.COM - Ketika Allah SWT. Memerintahkan Malaikat dan Iblis sujud kepada Adam, dengan lantang dan sombong Iblis menolak untuk sujud dan berkata aku lebih baik dari dia, aku diciptakan dari api sedangkan Adam dari tanah. Ini terdapat dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat : 34.

Malaikat, Iblis dan Adam (manusia), ketiga golongan ini adalah makhluk ciptaan Allah, kemulian kita bukan dari apa, tetapi yang mulia disisi Allah adalah yang paling bertaqwa disisi Nya. Apa keistimewaan manusia sehingga Allah memerintahkan Malaikat dan Iblis utk sujud kepada Adam

1.Karena Akalnya

2. Karena Agamanya

3. Karena masih memiliki sifat malu

Jika ketiganya atau salah satunya tidak ada digunakan oleh manusia, maka akan lebih hina dari Iblis, karena Iblis diperintahkan sujud kepada Adam dia menolak, sedangkan manusia bahkan banyak yang tak mau sujud kepada Allah. Itu artinya manusia lebih sombong dari Iblis. 

Manusia adalah makhluk yg sempurna dari segi penciptaannya, tetapi Allah akan kembalikan ke tempat yang paling hina kecuali yang beriman dan beramal sholeh, terdapat dalam Surah Attin ayat 4-5.

Oleh karena nya mari kita kembali melihat diri kita yang begitu indah dari segi penciptaannya dan kompleks, kita jaga keistimewaan kita sehingga kita tak termasuk golongan yang dihinakan Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin. (*)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.