Senin, 03 Januari 2022

Dinkes Medan Akan Aktifkan Kembali Call Center 119 dan Kebut Vaksinasi Remaja

    Senin, Januari 03, 2022  


PATIMPUS.COM - Dinas Kesehatan Kota Medan akan mengaktifkan kembali Call Center 119 untuk membantu masyarakat yang membutuhkan masalah gawat darurat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Taufik Ririansyah yang baru dilantik Walikota Medan, Bobby Nasution, kepada wartawan, Minggu (02/01/2022).

"Saya ingin menyelesaikan kegiatan yang mendesak, pertama sekali adalah meningkatkan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu atau SPGDT. Sistem itu suatu mekanisme pelayanan Korban/Pasien Gawat Darurat yang terintegrasi dan berbasis call center dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 119 dengan melibatkan masyarakat. Jadi  kita akan meningkatkan  call center 119 supaya layak untuk dipergunakan di kota Medan. Supaya cepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat," jelas direktur rumah sakit daerah di Aceh.

Jelasnya, manfaat call center 119 itu agar cepat menangani masyarakat yang mengalami kecalakaan, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan karena mengalami stroke, dan juga kebakaran. Jadi ia menginginkan agar masyarakat juga ikut aktif mau menghubungi 119 sehingga pihaknya bisa cepat menjemput dan menanganinya untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. 

Selain itu, sebutnya hal lain yang menjadi prioritasnya tentunya berkaitan dengan isu-isu terkini yang harus diselesaikannya dengan cepat. Salah satunya peningkatan pelayanan di fasilitas kesehatan (faskes) supaya lebih ringkas birokrasinya. Ini juga agar tidak mempersulit masyarakat atau bisa menjadi termudahkan dalam memperoleh layanan kesehatan. 

"Dalam waktu dekat saya agendakan, akan turun ke lapangan langsung untuk melihat birokrasi di faskes-faskes. Dan melihat permasalahan-permasalahan apa yang harus dibenahi," paparnya.

Karena saat ini masih dalam situasi pandemi, ia juga menyampaikan bahwa selain hal-hal yang disebutkan sebelumnya, Dinkes Medan juga terus mempercepat vaksinasi terutama dikalangan pelajar agar sekolah tatap muka dapat berlangsung maksimal. 

Untuk data vakisinasi remaja sebutnya saat ini dari target vaksinasi remaja sebanyak 227.159 sudah terealisasi sebanyak 184.727 (81,32%) untuk dosis I, sedangkan untuk dosis II sudah terealisasi sebesar 156.357

Atau 68.83%. ia berharap vakisinasi di kota Medan dapat terus dimaksimalkan agar sekolah tatap muka dapat berjalan lancar seperti sedia kala. (*)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.