Selasa, 14 Juni 2022

Puskesmas Teluk Mengkudu Basmi Nyamuk Di Desa Sialang Buah

    Selasa, Juni 14, 2022  


PATIMPUS.COM - Untuk mengantisipasi penyakit yang ditularkan nyamuk, UPT Puskesmas Kecamatan Teluk Mengkudu telah melakukan Fogging di Dusun III Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara, Senin (13/6/2022) kemarin.

Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai melalui Kepala UPT Puskesmas Teluk Mengkudu, dr Sri Eva Purba mengatakan bahwa fogging dilakukan untuk memprediksi berbagai penyakit potensial yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, termasuk malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

“Saat ini selain DBD, masyarakat perlu mewaspadai penyakit malaria, karena penyebab yang sama adalah melalui gigitan nyamuk,” kata dr Eva, Selasa (14/6/2022).

Menurut dr Sri Eva, masyarakat harus melakukan pencegahan sejak dini. Mulailah dengan menjaga kebersihan lingkungan anda. Sementara itu, pemerintah membantu membunuh nyamuk dewasa melalui fogging. 

“Jadi untuk pencegahan lebih kepada menjaga kebersihan lingkungan karena saat ini sedang musim hujan. Kemudian dari dinas yang melakukan pengasapan atau fogging,” ujarnya.

Operasi fogging, lanjutnya, merupakan kampanye untuk mencegah penyebaran nyamuk Aedes aegypti dan Anopheles yang belakangan dikenal sebagai jenis nyamuk yang dapat menularkan penyakit malaria. Itu dilakukan saat musim berganti setiap tahun untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Selain fogging, kami juga giatkan abitesasi (Pemberantasan penyakit demam berdarah dengan menaburkan bubuk abite di bak penampung air/drum), yang kami berikan kepada masyarakat secara gratis dan tersedia di puskesmas terdekat. Anda tinggal ambil dan minta. untuk itu di puskesmas atau parahealth center gratis,” pungkasnya. (sar)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.