Kamis, 23 Maret 2023

Jelang Ramadhan, Ratusan Warga Ziarahi Makam Kerabat

    Kamis, Maret 23, 2023  


PATIMPUS.COM - Sudah menjadi tradisi bagi umat Islam Indonesia khususnya di Kota Medan saat menjelang bulan Ramadhan untuk melakukan ziarah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU).


Di TPU Jalan Brigjend Katamso Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun ratusan warga dari berbagai daerah memadati TPU Mandailing dan TPU Minang untuk berziarah ke makam atau kuburan keluarganya pada Rabu (22/3/2023).


Banyak dari warga datang ke kuburan membawa bunga, air, dan juga buku yasin. Tujuan warga mendatangi kuburan untuk berziarah selain menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, juga mendoakan keluarga-keluarga yang telah mendahului mereka.


Seperti yang dikatakan Rizaldi pengunjung yang berdomisili di jalan Mantri Kelurahan Aur, berziarah bersama ibunya untuk mengunjungi kuburan keluarga dengan mendoakan dan berharap keluarga yang didoakan mendapat ampunan dan mendapat berkah agar terhindar dari siksa kubur. Selain itu juga untuk introfeksi dirinya mengingat kematian.


"Iya, saya dan ibu tiap tahun menjelang Ramadhan selalu menyempatkan ziarah ke makam paman, kakek dan keluaraga yang telah meninggal dengan membersihkan kuburannya, menaburkan bunga dan mendoakan mereka, insaAllah tersampaikan pahala bacaan kami agar diampuni dosa mereka, selain itu paling utama pengingat kematian bahwa kita tak abadi dan bakalan mati," ujar Rizaldi.


Sementara itu, salah satu penggali kubur Dundung TPU Muslim Minang kepada wartawan mengatakan, bahwa antusias masyarakat untuk berziarah pada tahun ini menjelang Ramadhan sangat ramai. Dari pagi hingga memasuki maghrib masih juga dipadati pengunjung.


Dundung yang juga warga Jalan Ir Juanda juga menjelaskan lebih lanjut kehadiran warga pengunjung ke kuburan tidak lain adalah berdoa untuk keluarga, selain itu juga menjadi berkah rezeki bagi dirinya dan kawan-kawan seprofesi, banyak warga yang memesan kepadanya mempercantik kuburan keluarga mereka dengan membuat batu nisan dan juga membuat kuburan tersebut menjadi permanen keramik.


"Antusias warga rame bang, apalagi besok mau puasa, dari pagi hingga maghrib pengunjung masih berdatangan dan berlangsung uda dari 3 hari yang lalu, kebanyakan pengunjung berdo'a dan juga ada juga berkah rezeki kami penggali kubur dengan banyaknya pesanan buat batu nisan dan memperbagus kuburan dengan permanen keramik," ujarnya. (son)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.