Rabu, 17 Mei 2023

Pegadaian Gelar Talkshow Dukungan Modal Bagi UMKM

    Rabu, Mei 17, 2023  


PATIMPUS.COM - PT Pegadaian bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Republik Indonesia (Dekranas RI), Kementerian BUMN dan entitas keuangan, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar talkshow 'Literasi Keuangan dan Dukungan Permodalan bagi UMKM” yang diadakan secara luring dan daring di Lapangan Benteng, Medan pada Rabu (17/05).


Seminar ini wujud komitmen BUMN untuk membantu pelaku usaha super mikro dalam hal mengatur keuangan dan mendapatkan akses permodalan.


Seminar bertajuk 'Literasi Keuangan dan Dukungan Permodalan bagi UMKM' dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, yang juga Komisaris Utama PT Pegadaian.


Turut hadir dalam acara perayaan HUT Dekranas ke 43, Sally Giovanny Owner BT Batik Trusmi yang akan membahas tentang edukasi pengembangan usaha; Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Medan 1

Iin Yusfina dan Regional Micro Banking Head Bank BRI Anditya Mahendra Krishna yang akan menyampaikan aspek permodalan bagi UMKM.


Selain itu, hadir dari jajaran PT Pegadaian Kanwil 1 Medan diantaranya Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Arief Rinardi Sunardi; Deputi Bisnis Area Medan 2, Dwi Hadi Atmaka; Kepala Departemen Bisnis, Suripto; Kepala Bagian TJSL, Nurul Asniar; Kepala Bagian Humas & Protokoler, Gopher Manurung dan para nasabah PT Pegadaian.


Menurut Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, seminar ini bentuk dari pendampingan bagi UMKM yang perlu dibekali pelatihan, pemahaman dan dukungan permodalan usaha.


"Pada hari ini, kita melakukan talkshow Literasi Keuangan dan Dukungan Permodalan bagi UMKM. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN, BRI, PT Pegadaian, yang akan memberikan pembekalan pelatihan, pemahaman dan dukungan permodalan usaha," jelas Loto yang juga Komisaris Utama PT Pegadaian.


>>>Sejalan Visi Pegadaian


Sementara itu di tempat terpisah, Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono mengatakan, perusahaan BUMN berkomitmen untuk mendukung program ini karena dinilai sejalan dengan visi perusahaan sebagai “The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan Sebagai Agen Inklusi Keuangan Pilihan Utama Masyarakat”, serta sebagai wujud komitmen perusahaan untuk menjalankan misi untuk membantu pemerintah dalam pembangunan ekonomi.


“Seminar ini adalah salah satu bentuk dukungan Pegadaian, dalam pengembangan kewirausahaan dengan bekerja sama dengan stakeholders terkait. Kegiatan seminar kewirausahaan ini merupakan penjabaran dalam pengaplikasian Keputusan Presiden terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk peningkatan UMKM/IKM/Artisan ke ekosistem digital, peningkatan transaksi penjualan dan pendampingan dalam memulai dan mengembangkan jiwa kewirausahaan,” jelas Yudi.


Adapun topik seminar, mengangkat isu tentang permodalan dan pengembangan usaha, yang selalu menjadi isu populer yang dialami oleh para pelaku usaha di Indonesia. Hal ini bertujuan, selain talkshow acara HUT Dekranas ke 43 juga dimeriahkan dengan bazar kuliner, kriya dan

fashion dari UMKM Kota Medan serta hiburan musik dengan special performance dari ANJI.


“Kami berharap, kegiatan talkshow ini dapat memberi manfaat positif bagi para pelaku usaha untuk dapat semakin percaya diri dalam memulai, menjalankan dan mengembangkan usaha mereka untuk naik kelas,” tambah Yudi. (don)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.