Kamis, 17 Agustus 2023

Sempat Dilanda Banjir, Warga Kampung Aur Peringatan HUT RI

    Kamis, Agustus 17, 2023  


PATIMPUS.COM - Air Sungai Deli yang meluap ke pemukiman warga sejak tengah malam hingga pagi hari tak menyurutkan semangat warga Kampung Aur, Kelurahan Aur, Kota Medan dalam menyemarakkan HUT RI Ke 78, Kamis (17/08/2023).


Sebelum melaksanakan peringatan HUT RI, warga terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa bergotong royong membersihkan lumpur di depan halaman Masjid Jami' Aur agar bisa menggelar upacara bendera.


HUT RI ke 78 tahun yang di selenggarakan oleh Wadah Pemuda-Pemudi di Kelurahan Aur yang tergabung dalam Sanggar Perkasa ini mengajak elemen masyarakat dan aparatur Kelurahan Aur untuk berkolaborasi menyemarakkan kemerdekaan Indonesia.


Turut hadir mengikuti upacara bendera tersebut Babinsa, Babinkamtibmas, LPM Kecamatan Medan Maimun, dan Warga Kampung Aur.


Lurah Kelurahan Aur Fahreza Ksatria Purba, bertindak sebagai pembina pada upacara bendera yang seharusnya digelar di Sungai Deli mengapresiasi semangat warga Kampung Aur dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.


“Tentunya kita apresiasi sekali semangat masyarakat Kampung Aur yang mengikuti upacara ini, meskipun diawal kita berencana menggelar upacara di sungai Deli, namun karena air Sungai Deli meluap lokasi upacara kita pindah ke dara,” kata Fahreza Ksatria Purba usai mengikuti upacara bendera.



Fahreza Ksatria Purba juga berharap agar semangat dalam merayakan hari kemerdekaan ini tetap terus dijaga.


“Kita lihat semangat yang ditunjukkan orangtua dan anak-anak kita tetap tidak kendur meskipun dalam kondisi banjir seperti ini, semangat inilah yang harus terus dijaga," harap Fahreza Ksatria Purba.


Selain itu, Lurah juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap kompak dan rukun serta senantiasa menjaga kesehatan diri.


“Meskipun kita di wilayah yang rawan banjir tetapi kita harus tetap menjaga kesehatan, masyarakat juga harus saling membantu antar sesama dan saya ingatkan kembali untuk tetap mendukung program-program Pemko Medan yang telah dicanangkan oleh bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution," ujar  Fahreza Ksatria Purba.


Sementara itu, Ketua umum dan sekaligus Ketua Panitia Pelaksana HUT RI Ke 78 Sanggar Perkasa Majid menjelaskan bahwa kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia yang digelar Sanggar Perkasa tahun ini, yaitu upacara bendera di Sungai Deli terpaksa dialihkan ke halaman masjid. Di tempat tersebut berbagai perlombaan pun dilaksanakan yaitu lomba makan pisang beregu, lomba cantolkan helm, lomba rebutan kursi, lomba paku dalam botol, dan lainnya.


Untuk Panjat Pinang di Sungai Deli, Majid mengatakan tidak di laksanakan pada hari ini, mengingat kondisi debit air di sungai masih tinggi sehingga tidak memungkinkan untuk menggelar panjat pinang.


Majid yang juga merupakan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Medan Dapil 5 menjelaskan lebih lanjut, bahwa kegiatan semarak kemerdekaan yang di adakan Sanggar Perkasa bukan pada saat ini saja. Ia memaparkan akan ada dibuat malam pentas Seni Sanggar Perkasa yang juga memperlombakan kreativitas Tarian Daerah. 


Majid mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kampung Aur yang sudah mendukung terlaksananya Kegiatan Gebyar HUT Kemerdekaan RI ke 78, ia juga berterima kasih kepada para donatur dari para warga Kampung Aur yang di perantauan, sesepuh, pembina dan mantan pengurus Sanggar Perkasa.


Majid juga mengapresiasi aparatur Kelurahan Aur  yang juga turut andil membantu sehingga terlaksananya acara tersebut.


"Terimakasih Kami kepada seluruh warga Kampung Aur bahkan yang di perantauan yang telah turut mendukung dan membantu, terima kasih juga kepada para pembina, sesepuh, dan juga apresiasi kami kepada pak Lurah Aur Fahreza Ksatria Purba yang turun langsung mengikuti dan menjadi pembina upacara bendera," ungkap Majid. (soni)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.