Minggu, 15 Oktober 2023

Dinas Kesehatan Sumut Gelar Pemeriksaan Mata Gratis

    Minggu, Oktober 15, 2023  


PATIMPUS.COM - Dalam rangka memperingati “World Sight Day” (Hari Penglihatan Mata Sedunia) tahun 2023 dengan tema Global “ Love Your Eyes” dan tema Nasional “ Love Your Eyes at Work” (Sayangi dan Lindungi Mata Anda di Tempat Kerja), Pemprov Sumatera Utara melalui Dinas Kesehatan Provsu melaksanakan kegiatan, Pemberian kaca mata gratis dan pemeriksaan mata gratis. 


Kegiatan Pemberian Kaca Mata dan Pemeriksaan Mata Gratis ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Hari Penglihatan Sedunia, dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Operasi Katarak di Kepulauan Nias, Minggu (15/10).


Pelayanan kesehatan pemeriksaan mata (skrinning gangguan penglihatan) tersebut langsung dilaksanakan oleh tim UPTD Rumah Sakit Khusus Mata Provsu termasuk pelayanan kesehatan oleh dokter spesialis mata, didukung penuh oleh Kepala Dinas Kesehatan Provsu dr. Alwi Mujahit Hasibuan MKes dan Direktur UPTD RSK Mata dr Dewi Chailaty, MKes.  


Dilanjutkan dengan pembagian kacamata gratis kepada masyarakat yang telah melaksanakan pemeriksaan mata. Bagi masyarakat dengan hasil pemeriksaan mata normal diberikan souvenir berupa Sunglasses. Kepada masyarakat yang hadir juga dibagikan leaflet berisi informasi tentang kesehatan mata diharapkan kegiatan ini memberi manfaat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kesehatan mata.


Kegiatan pemberian kaca mata ini dilaksanakan secara serentak di 16 Provinsi Hari Minggu, 15 Oktober 2023 oleh Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (GAPOPIN) dan di Sumatera Utara dilaksanakan di UPTD Rumah Sakit Khusus Mata Provsu, pada 15 Oktober 2023. 


Dalam mendukung kegiatan tersebut dilaksanakan juga pemeriksaan Vital Sign, Kolesterol dan KGD yang berkerjasama dengan Puskesmas Sei Agul dan Puskesmas Pulo Brayan Kota Medan.


Dari Hasil kegiatan yang telah dilaksanakan sebanyak 222 orang mengikuti pemeriksaaan mata dan seluruhnya mendapatkan kacamata gratis . Dan sebanyak 142 orang mendapatkan pemeriksaan kesehatan vital sign, kolesterol dan KGD.


Dalam Kegiatan ini Kadis Kesehatan Provsu dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes menyampaikan ucapan terimakasih kepada GAPOPIN yang telah memberikan peran dan perhatian kepada masyarakat serta membantu dalam membagi kaca mata gratis.


Kadis Kesehatan Sumut dr Alwi pun menyampaikan kepada masyarakat agar tetap menyayangi mata dan menjaga kesehatan mata. (don)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.