Jumat, 20 Oktober 2023

Pj Gubsu Diminta Evaluasi PB PON

    Jumat, Oktober 20, 2023  


PATIMPUS.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus menggenjot persiapan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Namun persiapan tersebut sepertinya tidak didukung dengan kinerja baik dari semua pihak.


Hal itu dikatakan Pengamat Kebijalan Publik Sumatera Utara, Rafriandi Nasution di Medan, kemarin. Rafriandi menilai belum semua stakeholder di Sumut mendukung persiapan tuan rumah PON 2024 tersebut.


"PB PON Sumut yang telah dibentuk belum semua bekerja maksimal. Ada yang masih terkesan santai," ujar Rafriandi Nasution.


Ketua Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara (LPKAN) Sumut ini mengapresiasi kinerja Pemprovsu yang tengah berjuang dalam persiapan venue. Salah satunya adalah pembangunan venue di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Deliserdang.


"Kita harus apresiasi bagaimana kinerja Pemprovsu melalui Dispora berjuang menyelesaikan konflik di lahan Desa Sena. Meski masih jauh dari harapan, tapi sudah ada progres. Pembangunan stadion utama dan dua GOR lainnya katanya sudah berlangsung," sebutnya.


Pemprovsu juga sedang berusaha melakukan rehabilitasi beberapa venue olahraga seperti Kolam Renang Selayang, Stadion Mini Pancing, Gedung Boling dan lainnya. "Ini merupakan proses yang sangat melelahkan. Apalagi masih banyak venue yang perlu direhab," ungkapnya.


Namun Rafriandi kecewa karena PB PON masih lemah dalam sosialisasi tuan rumah PON tersebut. Terbukti masih banyak masyarakat yang belum tahu dengan progres tuan rumah tersebut.


"Jujur saja, masih banyak masyarakat belum tahu Sumut sebagai tuan rumah PON 2024. Kemudian bagaimana sudah persiapan kita, masyarakat juga banyak yang belum tahu. Begitu juga dengan pembangunan venue, kita belum tahu bagaimana progresnya," tegasnya.


Padahal, tambahnya, PON 2024 juga butuh promosi dan marketing. Sebab tidak semua bisa menggunakan APBD dan APBN. Namun juga harus melibatkan pihak swasta sebagai sponsor. "Tapi sampai sekarang, apakah sudah ada pihak swasta yang menjadi sponsor?" tanyanya.


Rafriandi menyebutkan hal ini terjadi karena masih lemahnya sosialisasi dari PB PON. Padahal Sumut membidik lima sukses sebagai tuan rumah PON 2024, yakni sukses penyelenggaran, sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses laporan keuangan, dan sukses pertanggungjawaban.


"Kalau sosialisasi masih kurang, bagaimana mungkin sukses tersebut bisa digapai. Kita harap agar Pj Gubsu melakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing bidang yang ada di PB PON itu. Kalau tidak mampu, lebih baik diganti, karena waktu sudah semakin mendesak," harapnya. (son)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.