Jumat, 27 Oktober 2023

DPP IARMI Sumut Gelar Sosialisasi Kebangsaan Dan Bela Negara

    Jumat, Oktober 27, 2023  


PATIMPUS.COM - Dewan Pimpinan Provinsi Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia Sumatera Utara (DPP IARMI Sumut) menggelar program pendidikan 'Goes to Campus' yang juga merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat yaitu kegiatan Sosialisasi Kebangsaan dan Bela Negara di Aula Auditorium Kampus UISU jalan SM. Raja Medan, Rabu (25/10/2023).


Ratusan peserta yang hadir terdiri dari mahasiswa, pengurus DPP IARMI Sumut, Alumni Resimen Mahasiswa, Pejabat Komando Menwa Mahatara, Para Komandan Batalyon Satuan Resimen Mahasiswa, Anggota Menwa sejajaran Mahatara, Calon Anggota Resimen Mahasiswa dari Universitas Al-Washliyah Medan terlihat antusias mengikuti Sosialisai Kebangsaan dan Bela Negara yang mengangkat thema 'Pentingnya Peran Mahasiswa dan Alumni dalam Bela Negara di Era Digital'. 


Turut hadir juga dalam kegiatan itu, Kepala Kesbangpol dan Linmas Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Ir. Ardan Noor, MM, Ketua Dewan Pertimbangan DPP IARMI Sumut H. Ahmad Arif SE MM, Wakil Rektor I UISU, Prof Dr Marzuki Lubis SH MHum.


Kepala Badan Kesbangpol Provsu Ir Ardan Noor MM dalam sambutannya diwakili oleh A Simatupang menyampaikan permohonan maaf atas tidak hadirannya berhubung ada kegiatan kedinasan. 


Ardan Noor juga mengapresiasi kegiatan tersebut, ia menilai kegiatan sosialisasi kebangsaan dan bela negara yang melibatkan mahasiswa ini nantinya akan bermanfaat dan berdampak positif buat generasi bangsa. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada DPP IARMI Sumut yang telah bersinergi dengan Kesbangpol Provsu dalam kegiatan Sosialisasi Kebangsaan dan Bela Negara.


"Kami mewakili Pemerintah Provinsi Sumut sangat berterimakasih dan mendukung terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini, yang bersinergis dengan tugas pokok Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Utara (Kesbangpol Provsu) di bidang Ideologi wawasan kebangsaan dan karakter bangsa," sebut A Simatupang saat mewakili dan menyampai sambutan dari Kepala Badan Kesbangpol Provsu.


"Trend di era digital saat ini kita dihadapkan dengan perubahan perilaku yang dapat berakibat negatif terhadap kondisi ideologi berbangsa saat ini antara lain kurangnya kesadaran masyarakat tentang adanya ancaman terhadap ideologi, perubahan pola fikir, perang informasi dan propaganda melalui teknologi dan media online yang jika tidak kita sikapi dengan baik akan terjadi perpecahan terhadap berbangsa dan bernegara di Indonesia," jelasnya lagi.


Wakil Rektor I UISU, Prof Dr Marzuki Lubis SH MHum menyampaikan kuliah umumnya dalam kegiatan sosialisasi tersebut dengan mengulas tentang 'Menjaga Keutuhan Bangsa dalam Bingkai NKRI' 


Marzuki juga mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya peran mahasiswa dalam bela negara sangat penting dan berkaitan dalam menjaga keutuhan bangsa dalam bingkai NKRI, semua problematika dan persoalan yang terjadi dalam globalisasi era digital ini dapat diantisipasi dengan baik jika disadarkan dengan wawasan kebangsaan dan bela negara dalam berbangsa dan bernegara.


Sementara itu, saat dikonfirmasi ditempat terpisah, Ketua DPP IARMI Sumut Dr Drs H M Ismael P Sinaga MSi juga menyampaikan permohonan maafnya atas ketidak hadirannya kepada seluruh peserta dan panitia yang hadir dalam acara yang penuh manfaat tersebut, berhubung ia juga ada urusan kegiatan kedinasan. 


Dalam kesempatan tersebut, Ismael mengatakan kegiatan yang diselenggarakan DPP IARMI Sumut yang bersinergi dengan Badan Kesbangpol Provsu dan Universitas UISU merupakan wujud pengabdian IARMI kepada masyarakat khususnya mahasiswa dalam menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan.


Ismael yang juga merupakan Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Sumut menjelaskan secara lebih lanjut, kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan di kalangan mahasiswa khususnya di UISU.


Sebab kata Ismael lagi, bela negara adalah kewajiban bagi warga negara yang harus dipersiapkan sedini mungkin, jadi kehadiran IARMI sebagai mitra strategis pemerintah. 


"Sosialisasi bela negara merupakan keniscayaan artinya seiring dengan perkembangan global yang dinamis dewasa ini perlu diberikan wawasan yang lebih lengkap terkait dengan bela negara untuk adik-adik mahasiswa di masa yang akan datang diharapkan kerjasama hal yang sama bisa dilakukan dengan Universitas lain sebagai bagian dari kecintaan kita kepada tanah air," tutur Ismael saat di konfirmasi ditempat terpisah melalui pesan WhatsApp pada Kamis (26/10/2023).


Selain itu, Ismael mengapresiasi kinerja panitia dan juga berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan bisa menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan para generasi muda serta mampu ikut berperan serta dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara.


"Selamat kepada adik-adik mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan bela negara ini dan jika berkeinginan untuk melibatkan diri dalam basement mahasiswa maka kami akan membantu memfasilitasi sehingga satuan menwa di kampus memperoleh fasilitas pendidikan yang cukup dan akan difasilitasi oleh khususnya institusi pertahanan dan keamanan dalam hal ini TNI serta Kepolisian. Dalam hal ini IARMI juga bekerjasama dengan pihak Kepolisian, dan Polda memfasilitasi adik-adik mahasiswa dalam rangka peningkatan bela negara ini, jadi kegiatan ini akan terus didorong dan dikembangkan," tutup Ismael. (son)


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.