Sabtu, 27 Januari 2024

Kominfo Sumut Gelar Dialog Interaktif 'Kita Kawal Pemilu 2024'

    Sabtu, Januari 27, 2024  


PATIMPUS.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar Dialog Interaktif bersama insan pers dan penggiat media sosial dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari mendatang.


Dialog Interaktif yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berlangsung sukses di Gedung lantai II Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro, Kota Medan, Sumatera Utara, dengan tema  ' KITA KAWAL PEMILU TAHUN 2024 '. 


Hadir dalam Acara Dialog Interaktif tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Mayor Jenderal TNI (Purn) Hassanudin mengingatkan pentingnya peranan media dalam mensukseskan Pemilu 2024.


Dalam kesempatan tersebut Hassanudin menitipkan beberapa pesan penting kepada insan media serta penggiat media sosial yang hadir, yaitu Pertama, media mesti mengedepankan liputan yang berimbang dan objektif. Kedua, media mesti mengedepankan integritas dan profesionalisme.


“Jadilah agen perubahan dalam mendukung proses demokrasi serta menghindari sensasionalisme yang dapat memicu konflik dan ketenangan masyarakat.”, ucap Hassanudin, saat menjadi keynote speaker pada dialog “Kita Kawal Pemilu” Kata Hasanuddin saat menjadi Keynote Speaker pada Dialog Interaktif 'Kita Kawal Pemilu 2024', Jumat (26/1/2024).


Hassanudin menambahkan bahwa Pers bertanggung jawab pada upaya-upaya pembangunan kemanusiaan dan keadilan serta menjadi aktor penting dalam menentukan ke-Indonesiaan dan kemanusiaan di masyarakat.


Purnawirawan TNI ini berpesan bahwa media, konten kreator dan influencer merupakan Mitra Kunci untuk menyebar luaskan informasi yang mencerdaskan.


“Media merupakan Mitra Kunci untuk menyebar luaskan informasi yang akurat, obyektif serta berimbang," ucap Hassanudin.


Menurut Hassanudin, peran media dan pegiat media sosial sangatlah strategis dalam menyukseskan Pemilu. Media berperan memberikan informasi akurat dan terverifikasi, yang dapat mengedukasi masyarakat saat Pemilu.


Selain itu, momentum Pemilu dapat memperkuat pondasi kebangsaan Indonesia, untuk menjadi negara maju. Jika Pemilu 2024 berjalan lancar, maka akan menghasilkan pemimpin eksekutif dan legislatif yang berkualitas. Sebaliknya, apabila Pemilu tidak terkelola dengan baik, maka ada potensi persatuan dan kesatuan akan renggang.


Hassanudin berharap, Pemilu dapat meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia. Demokrasi berkualitas yaitu dapat menghasilkan keadilan, kemajuan dan kesejahteraan rakyat.


“Untuk itu, antisipasi potensi tindakan provokatif dan fenomena disinformasi dapat dilakukan media, Pemprov Sumut siap bersinergi dengan media dan penggiat sosial, dalam menyebarkan informasi yang akurat, valid dan terverifikasi”, kata Hassanudin.


Media juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu. Pada tahun 2019, partisipasi pemilih masyarakat di Sumut sebesar 79,91%. Hassanudin berharap pada tahun 2024, angka tersebut meningkat.


Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus menyebut peran media dan penggiat media sosial sangat penting dalam menyukseskan Pemilu yang damai. Menurutnya, informasi di media sosial ampuh dalam mengedukasi masyarakat.


Untuk itu, Dinas Kominfo Sumut mengadakan kegiatan dialog antara media, penggiat sosial dan Pemprov Sumut.


“Kegiatan ini diadakan untuk mengajak keterlibatan media dan penggiat media sosial guna terciptanya Pemilu yang kondusif dan damai, diharapkan informasi pesan pemilu damai dapat tersebar ke masyarakat”, kata Ilyas.


Dalam acara dialog interaktif tersebut turut hadir Pejabat sementara Gubernur Sumatera Utara Dr Hassanudin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam Bukit Barisan diwakili Kepala Staf Kodam Brigjen TNI Refrizal serta pimpinan Forkopimda Sumatera Utara, Dekan FISIP UMSU Dr Arifin Saleh SSos MSP selaku narasumber. (son)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.