Selasa, 03 Oktober 2023

BPJS Kesehatan Terus Transformasi Mutu Layanan Faskes Bagi Peserta JKN

    Selasa, Oktober 03, 2023  


PATIMPUS.COM - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya melakukan transformasi mutu layanan di fasilitas kesehatan (faskes) bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Seperti yang dijelaskan Asisten Deputi Bidang SDM Umum dan Komunikasi – BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah I, Syafrizal, transformasi ini memiliki 3 tujuan utama yakni melalui akses, perlindungan finansial dan kualitas.


“BPJS Kesehatan membuka akses layanan. Terutama pada masyarakat-masyarakat yang kurang mampu di pedesaan mempunyai hak akses yang susah untuk mendapatkan pelayanan baik karena alasan geografis, kemudian akses transportasi serta menderita sakit sehingga perlu diberikan pengobatan. Seperti kita tahu sebagian besar masyarakat kita berada diambang batas kemiskinan,” katanya di Medan dalam pertemuan Pernas Faskes Berkomitmen Tahun 2023 dan Launching Transformasi Mutu Layanan Program JKN, Senin (2/10/23).


Disebutkannya, masyarakat yang berada diambang kemiskinan sangat banyak jumlahnya. Dimana masyarakat ini akan kesulitan mendapatkan penghasilan dan tentunya kesulitan memperoleh biaya perobatan.


“Nah, dengan adanya JKN ini tentu saja memberikan perlindungan finansial, mereka bisa mengakses pelayanan kesehatan secara mudah, cepat dan terlindung dari resiko finansial,” jelasnya.


Selain itu, yang utama lainnya adalah dari JKN ini peningkatakan kualitas pada peserta. Peningjatan kualitas ini, diharapkan dari dahulu pada masyarakat bisa mengakses pelayanan kesehatan.


“Bagaimana pasien bisa dilayani dengan lebih baik, lebih manusiawi dan tidak mendapatkan diskriminasi yang didapatkan di pelayanan kesehatan. Intinya pelayanan mudah dan cepat di fasilitas kesehatan untuk di 2023 ini,” ucapnya.


Dalam pelayanan, BPJS Kesehatan juga selalu berupaya meningkatkan pelayanan dengan membuka saluran pelayanan online.


Selain itu, juga bersinergi dengan seluruh Faskes dan Rumah Sakit untuk bagaimana kedepannya pasien bisa mengakses BPJS dengan mudah.


“Kita berharap perbaikan layanan ini bisa melalui eksternal dan bagaiamana bisa mendapatkan pelayanan manusiawi, berkualitas dan tidak mengeluarkan biaya saat di rumah sakit sesuai harapan dari peserta itu dengan memberikan pelayanan dengan mudah, cepat dan setara,” tambahnya.


Dalam kegiatan itu, Kadis Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan menuturkan BPJS Kesehatan selalu berdiskusi dengan Dinas Kesehatan Sumut khususnya dalam peningkatan pelayanan dan kepesertaan.


“Diharapkan suatu saat di Sumut bisa menjadi Universal Health Coverage (UHC). Kita saat ini belum ya, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama. Karena tergantung dengan dana yang dialokasikan dari APBD. Disebut sudah UHC kalau sudah 95% tapi di Sumut baru 86%. Jadi masih kurang,” pungkasnya.


Dalam kegiatan ini juga diberikan apresiasi penghargaan kepada sejumlah fasilitas kesehatan di Sumut yang berkomitmen dalam meningkatkan mutu pelayanan JKN tahun 2023. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.