Kamis, 09 November 2023

Driver Ojol Rentan TBC, Dinkes Sumut Gelar Cek Kesehatan

    Kamis, November 09, 2023  


PATIMPUS.COM - Untuk memutus mata rantai penularan penyakit tuberkulosis (TB) paru, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Sumut) melakukan skrining (pemeriksaan) kesehatan terhadap pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan.


"Pemeriksaan TB Paru pada pengemudi ojol guna memutus mata rantai penularan. Apalagi, Sumut menempati posisi ke-4 provinsi seluruh Indonesia," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dr Alwi Mujahit Hasibuan melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sumut, Hamid Rijal Lubis SKM MKes, di Kantor Grab Medan, CBD Polonia, Rabu (8/11/2023).


Hamid juga mengatakan, eliminasi TB Paru ditargetkan pada tahun 2030. Akan tetapi, target tersebut diminta dapat dipercepat.


"Karena itu, upaya mempercepat mencapai target tersebut salah satunya dengan melakukan skrining kesehatan pekerja sektor informal dengan target sasaran pengemudi ojek online. Makanya, hari ini kita lakukan skrining kesehatan kepada pengemudi ojol yang bermitra dengan Grab dan Gojek," jelas Hamid.


Selain skrining TB Paru, Dinkes Sumut juga melakukan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) dan penginderaan (mata).


“Jika ditemukan ada pengemudi ojol yang terdeteksi TB Paru, PTM dan mata, maka akan kita rujuk ke Puskesmas.


Dengan begitu, penularan TB Paru dan PTM cepat diketahui sehingga penanganan yang dilakukan juga lebih cepat,” sambung Hamid.


Dia menuturkan, skrining kesehatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.


"Puncak kegiatan HKN ke-59 akan kita lakukan pada 19 November di Gedung Eks Medan Club. Ada Festival Ayo Sehat,” tandas Hamid.


Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Pulo Rijal Togatorop menambahkan, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.


Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tersebut bekerja sama dengan UPT Rumah Sakit Paru, RS Mata, Laboratorium Kesehatan Sumut, Dinas Kesehatan Kota Medan dan beberapa Puskesmas.


"Skrining kesehatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan PTM, penyakit menular, kesehatan jiwa hingga kesehatan mata.


Targetnya, sekitar 350 pengemudi ojol. Namun demikian, kita tidak membatasi berapa jumlah pengemudi ojol yang dilakukan skrining kesehatan. Untuk pelaksanaannya, khusus hari saja sampai pukul 15.00 WIB," sebutnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Teknis HKN ke-59 Dinkes Sumut, Jefri Manurung menuturkan, skrining kesehatan tersebut dilakukan juga bertujuan agar pekerja sektor informal khususnya pengemudi ojol yang tidak memiliki waktu untuk pemeriksaan kesehatan karena sibuk maka bisa mengikuti kegiatan ini.


"Tak hanya skrining, ada juga diberikan penyuluhan kesehatan. Selain skrining kesehatan fisik, mereka juga dilakukan skrining kesehatan jiwa," ujar Jefri didampingi Enda Mora Dalimunthe SKM MKes yang juga Ketua Panitia Teknis HKN ke-59 Dinkes Sumut. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.