Kamis, 16 Mei 2024

Sebanyak 358 Jamaah Haji Kloter 3 Asal Madina Berangkat Ke Tanah Suci

    Kamis, Mei 16, 2024  


PATIMPUS.COM - Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi, Kapolda Sumut diwakili Direktur Bimas Polda Sumut Kombes Pol Mohammad Muslim Siregar, SIK dan Bupati Mandailing Natal HM Ja'far Sukhairi Nasution melepas keberangkatan jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) III asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) di Madinatul Hujaj Asrama Haji Medan, Rabu (15/5/2024).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara H Ahmad Qosbi SAg MM selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan mengimbau para jamaah khususnya jamaah lansia agar menjaga kondisi fisik, membatasi aktivitas di luar ruangan, serta melaksanakan shalat di hotel mengingat kondisi cuaca panas di Madinah.

“Cuaca di sana sangat panas. Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat. Untuk itu, kami mengimbau Bapak Ibu untuk menjaga kondisi fiksiknya, jangan terlalu sering keluar hotel karena berdampak pada kondisi tubuh,” ucap Ahmad Qosbi usai melepas keberangkatan jamaah.

Ahmad Qosbi juga mengimbau jamaah untuk perbanyak minum air mineral. Hal tersebut penting untuk menghindari dehidrasi, serta berpesan agar jamaah menggunakan alas kaki saat keluar.

“Cuaca di sana sangat berbeda dengan di tanah air. Maka dari itu, perbanyak minum. Bawa air minum selalu saat keluar. Perbanyak istirahat jika kondisi kurang sehat. Dan jangan sampai dehidrasi,” tambahnya.

Sejumlah ikhtiar menjaga kesehatan jamaah haji telah dilakukan Kementerian Agama untuk penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Sejak awal, Kemenag telah menetapkan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji. Selain itu, Kemenag juga telah merilis Senam Haji.

“Pesan Gusmen agar jamaah menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya. Sebab, haji merupakan ibadah fisik,” lanjutnya.

Sebanyak 358 jemaah haji Kloter 3 asal Mandailing Natal bersiap meninggalkan Asrama Haji Medan menuju Bandara Kualanamu untuk berangkat menuju Kota Madinah.

Direktur Bimas Poldasu Kombes Pol Mohammad Muslim Siregar, SIK mengucapkan terima kasih kepada Panitia Penyelenggaraan Haji baik di Provinsi maupun di daerah karena telah melayani jamaah dengan sepenuh hati sampai tiba pada keberangkatan menuju Tanah Suci.

Ia juga berharap kepada para jamaah agar menjaga kesehatan dan selalu bersyukur kepada Allah atas kesempatan yang diberikan menjadi tamu Allah.

“Bapak Ibu mohon selalu bersyukur dan berdoa telah dipilih menjadi Tamu Allah karena tidak semua punya kesempatan bisa melaksanakan haji. Kemudian jaga kesehatan dan saling tolong menolong saat disana,” ucapnya.

Sementara Bupati Madina HM Ja'far Sukhairi Nasution memohon kepada jamaah untuk khusyuk dalam melaksanakan ibadah dan mendoakan menjadi Haji yang Mabrur/Mabrurah.

“Saya berharap kepada jamaah utamakan kesehatan dan kualitas ibadah. Kami mendoakan dan meminta doa kepada Bapak Ibu semua agar kita diberkahi Allah. Kami juga berdoa agar Bapak Ibu pulang dengan utuh ke Mandailing Natal,” ungkap Ja'far.

Dengan berangkatnya jamaah calon haji Kloter 3, maka PPIH Embarkasi Medan telah memberangkatkan 1.093 jemaah (12,50 persen) dan menyusul 7653 jemaah akan diberangkatkan dengan kelompok terbang berikutnya.

Dari data yang diterima PPIH Embarkasi Medan ada satu jamaah calon haji kloter 3 atas nama Abdurrahim Dalimunte (55) ditunda keberangkatannya, karena sakit.

Jemaah calon haji Kloter 3 asal Madina berjumlah 350 orang, ditambah 8 petugas haji, yaitu 5 orang petugas kloterdan 3 orang Petugas Haji Daerah.

Dari data informasi, sebanyak 358 orang yang berangkat ke tanah suci yang tergabung dalam Kloter 3 dipimpin  Irwansyah Jaluddin Pulungan sebagai Ketua Kloter dan Sutan Hasibuan sebagai Tim Pembimbing Haji, dan sebanyak 211 adalah wanita dan 147 orang pria. (Soni).

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.