Kamis, 03 November 2022

IDI Medan Sebut Nikah Dini di Belawan Sangat Tinggi

    Kamis, November 03, 2022  


PATIMPUS.COM - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Medan mengkhawatirkan tingginya angka pernikahan dini di Kecamatan Medan Belawan, sehingga perlu penanganan serius oleh Pemerintah Kota Medan.


Dalam penyuluhan yang berthemakan Kesehatan Reproduksi Remaja yang digelar di SMPN 26 Medan, di Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Ketua IDI Medan, dr Ery Suhaimi mengatakan, perlunya sosialisasi tentang pernikahan dini terhadap para remaja yang sangat prudoduktif.


Dr Ery Suhaimi mengatakan penyuluhan ini adalah tindaklanjut audiensi IDI Medan ke Walikota Medan, Bobby Nasution. Dimana Walikota Medan meminta agar setiap kegiatan IDI Medan dilakukan di tiap kecamatan di Medan.


"Jadi hasil perbincangan kami dengan Pak Walikota Medan, akhirnya kami memutuskan untuk menggelar kegiatan ini di Kelurahan Sicanang Medan Belawan, sebab kami melihat di kawasan ini angka pernikahan dini masih sangat tinggi," katanya, Kamis (3/11).


Dikatakannya, IDI Medan memilih menggelar penyuluhan di SMPN 26 ini sebab sudah dikoordinasikan dengan pihak kecamatan, puskesmas maupun dengan sekolah tersebut.


"Selain tentang pernikahan dini, kami juga memberikan penyuluhan tentang narkoba. Sehingga siswa siswi akan mendapatkan pengetahuan lebih tentang pernikahan dini juga bahayanya narkoba," ujarnya.


Bahkan penyuluhan ini selain di depan siswa siswi SMPN 26, masyarakat sekitar Kelurahan Sicanang juga akan mengikuti penyuluhan dalam mengurangi resiko makin tingginya angka pernikahan dini dan narkoba.


Lurah Sicanang Deby Fauziah mengatakan sangat berterimakasih kepada IDI Medan sebab sudah menggelar penyuluhan ini di kawasan Sicanang. Diakuinya kawasan Sicanang masih banyak yang melakukan pernikahan dini, maupun narkoba dikarenakan faktor ekonomi.


"Saya sangat berterimakasih kepada Pak Walikota Medan melalui IDI Medan karena memilih Sicanang untuk melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi tepatnya di SMPN 26 ini, sebab memang kawasan ini masih banyak remaja yang melakukan pernikahan dini, memakai narkoba karena kurangnya pengetahuan," ujarnya.


Dikatakannya, Kelurahan Sicanang ini memang perlu diperhatikan dengan serius karena begitu banyaknya tindak prilaku yang negatif.


Kepala SMPN 26 Sicanang, Mangara Tua Panjaitan mengatakan kegiatan IDI Medan yang difasilitasi Pemko Medan sangat membantu masyarakat, terutama di SMPN 26 ini maupun di sekitar kawasan Sicanang.


"Jadi untuk pagi ini yang mengikuti penyuluhan adalah siswa siswi kami dan kemudian sesi kedua penyulihan ini akan dilanjutkan kepada masyarakat sekitar Sicanang," ujarnya.


Diharapkannya, dengan adanya penyuluhan yang dilakukan IDI Medan maka masyarakat di Sicanang menjadi masyarakat yang beriman, dan baik. 


"Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, seperti yang digaungkan oleh Pak Walikota Medan, kolaborasi Medan Berkah," pungkasnya. (don)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.