Kamis, 19 Januari 2023

Kakanwil Kemenag Sumut-Badko HMI Bahas Sertifikasi Halal


PATIMPUS.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Drs H Abd Amri Siregar MAg, didampingi Kepala Bagian Tata Usaha H Ahmad Qosbi SAg MM dan Kepala Bidang Urusan Agama Islam Drs H Muslim MM menerima audiensi Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Provinsi Sumatera Utara diantaranya Ketua Badko Abdul Rahman, dan kawan-kawan di Ruang Kakanwil, Kamis (19/01).


Agenda pertemuan dalam rangka kerja sama terkait informasi produk halal dan sertifikasi halal untuk pelaku usaha kecil dan menengah serta bagaimana meningkatkan kewirausahaan muda di Sumatera Utara. Agenda pertemuan dalam rangka kerja sama terkait informasi produk halal dan sertifikasi halal untuk pelaku usaha kecil dan menengah serta bagaimana meningkatkan kewirausahaan muda di Sumatera Utara.


Kepala Kanwil Kemenag Sumut mengatakan bahwa saat ini Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal menggagas sertifikasi halal gratis kepada satu juta pelaku usaha se Indonesia pada 2022. BPJPH juga membentuk pendamping yang turun untuk mendampingi para pelaku usaha dalam mengurus serta menjelaskan proses persyaratan sertifikasi halal.


Di tahun 2023 ini kata Kakanwil program Sehati (Sertifikat Halal Gratis) untuk pelaku usaha mikro dan kecil melalui skema Self Declare dibuka kembali. Ia berharap dengan dukungan organisasi mahasiswa dapat menginformasikan kepada para pelaku usaha agar mereka dapat mendaftarkan usahanya.


“Kementerian Agama dalam hal ini BPJPH terus mendukung pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikasi halal melalui program Sehati. Tentu saya mengapresiasi organisasi kemahasiswaan yang mendukung program ini. Mudah-mudahan melalui pertemuan ini informasi terkait sertifikasi halal bisa tersebar luas dan para pelaku usaha terbantu dengan informasi tersebut,” ungkapnya.


Ia juga mengatakan bahwa informasi terkait produk halal dan sertifikasi halal dapat dijangkau dengan mengakses portal sehati ataupun melalui media sosial. Masyarakat juga dapat mengetahui informasi terkait hal tersebut melalui aplikasi Pusaka Super Apps.


“Pusaka Super Apps yang beberapa waktu yang lalu diluncurkan sangat mendukung dan memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi terkait layanan di Kementerian Agama terutama sertifikasi halal. Itu salah satu komitmen Kementerian Agama agar lebih dekat dengan masyarakat dan memudahkan segala urusan melalui pemanfaatan teknologi,” tambahnya.


Sementara itu Ketua Badko HMI Sumatera Utara Abdul Rahman mengatakan kunjungan dan silaturahmi dengan Kepala Kanwil Kemenag Sumut adalah dalam rangka silaturahmi dan juga mendapatkan informasi terkait sertifikasi halal. (ahh)

Share:

Info TNI-Polri

Olahraga

Bencana Alam

Nasional

Kasus Korupsi

Internasional

Ekonomi

Peristiwa

Kriminal

Sekitar Sumut

Kesehatan

PatimpusTV

Dukung Kami

Label

Arsip Blog

Jangan Klik

Info Kuliner

Info Selebritis

Apa Cari?

Religi

Visitor

Artikel

Pendidikan

Politik

Cuci Mata

Jangan Lihat